Agak Laen, 11 Ribu Peserta Lari Maraton Kepergok Naik Kendaraan di Tengah Perlombaan

Ilustrasi Marathon
Sumber :
  • euronews.com

Meksiko – Lari maraton merupakan lari jarak jauh dan sering diperlombakan. Belum lama ini peristiwa geger di Meksiko menjadi sorotan dunia, karena 11.00 dari 30.000 peserta yang berpartisipasi dalam lomba lari marathon didiskualifikasi. Mereka semua kedapatan melakukan aksi curang, yaitu memotong bagian lintasan sepanjang 26,2 mil itu.

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang

Dilansir dari Oddity Central, Selasa, 12 September 2023, Lomba lari Mexico City Marathon tahun ini mungkin mencetak rekor baru dengan jumlah diskualifikasi tertinggi karena dugaan kondisi.

Acapulco, Meksiko

Photo :
  • travelpulse.com
Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Sebanyak 11.000 pelari dan lebih dari 1 dari 3 peserta, harus menelan pil pahit diskualifikasi karena menggunakan berbagai alat transportasi untuk menyelesaikan perlombaan.

Kecurangan dalam maraton memang bukan hal yang baru. Ini terjadi di hampir setiap event besar, bahkan melibatkan beberapa atlet paling terkenal di dunia.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Contohnya adalah pelari ultra marathon Australia, Joasia Zakrzewski, yang khusus menggunakan mobil saat balapan, atau Kelly Agnew yang diduga bersembunyi di dalam toilet portable untuk menghindari berlari beberapa putaran balapan.

Kepada surat kabar Spanyol Marca, Institut Olahraga Kota Meksiko menginformasikan bahwa mereka akan melanjutkan untuk mengidentifikasi kejadian peserta lari. Merujuk seorang peserta XL Mexico City Marathon Telcel 2023 menunjukkan sikap tidak sportif selama acara dan akan membatalkan waktu pendaftaran mereka.

Investigasi dimulai setelah penyelenggara menerima keluhan mengenai pelari yang menggunakan mobil, angkutan umum, dan sepeda untuk melakukan curang saat balapan pada 27 Agustus.

Dengan memeriksa data pada pelacak 5 km yang mendeteksi apakah peserta melewati seluruh bagian maraton, mereka menemukan bahwa ribuan pelari belum benar-benar menyelesaikan keseluruhan acara.

Ilustrasi marathon.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Beberapa pelari yang didiskualifikasi membantah tuduhan tersebut. Mereka mengklaim bahwa pelacaknya salah. Namun, hingga saat penyelenggara Mexico City Marathon, salah satu acara lari terpenting di Amerika Utara tetap mempertahankan keputusan mereka.

Sejarah maraton di Meksiko sudah pernah dilanda kondisi besar-besaran sebelumnya. Pada tahun 2017, sekitar 6.000 pelari kehilangan medali menyelesaikan perlombaan mereka setelah diketahui bahwa mereka tidak menyelesaikan seluruh perlombaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya