10 Tradisi Pemakaman Paling Nyeleneh di Dunia, Diikat di Pohon hingga Dimakan Burung

Ilustrasi pemakaman.
Sumber :
  • Pixabay/Krystian

VIVA Lifestyle Berikut ini adalah daftar beberapa ritual yang menarik dan aneh di mana orang-orang dari budaya berbeda menyerahkan orang yang mereka cintai kepada Tuhan, setelah mereka mati. Ada yang menguburkan orang yang mereka kasihi, ada pula yang membakarnya.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Namun ada beberapa tradisi pemakaman paling aneh di dunia yang belum pernah Anda dengar sehingga Anda akan terkejut setelah mengetahuinya. Bacalah terlebih dahulu untuk mengetahui tentang ritual dan tradisi kematian yang mengejutkan dari seluruh dunia. Berikut adalah daftar beberapa ritual pemakaman paling aneh dari seluruh dunia.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

10. Famadihana

Famadhiana

Photo :
  • Istimewa
Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Famadihana adalah tradisi pemakaman masyarakat Malagasi di Madagaskar. Dikenal sebagai pergantian tulang, orang-orang mengeluarkan jenazah leluhur mereka dari ruang bawah tanah keluarga dan membungkusnya kembali dengan kain segar, lalu menari bersama jenazah di sekitar makam diiringi musik live.

Ini adalah cara masyarakat Malagasi untuk mengenang kerabat dan orang-orang terkasih mereka yang telah meninggal dari waktu ke waktu. Orang-orang ini menggali sisa-sisa jenazah mereka secara berkala dan membungkusnya dengan pakaian baru. Mereka menguburkannya kembali setelah membawanya keliling desa.

9. Diikat di Pohon

Pemakaman digantung di pohon

Photo :
  • Istimewa

Tradisi ini hanya melibatkan pengikatan orang mati ke pohon-pohon kuno yang ditemukan di desa orang yang meninggal. Ritual ini kemungkinan besar dilakukan oleh orang-orang yang ateis dan tidak mengikuti tradisi dan budaya tertentu.

Hal ini memastikan bahwa orang yang meninggal selalu ada di hati masyarakat dan ritual tersebut merupakan cara untuk mengingatkan orang lain bahwa mereka harus bersiap menghadapi kematian dan kehidupan setelahnya.

8. Menggantung Peti Mati

Digantung peti mati

Photo :
  • istimewa

Ritual kuno yang dipraktikkan oleh Dinasti Tiongkok kuno ini melibatkan pemajangan peti mati di tebing batu yang tinggi. Mereka percaya bahwa peti mati harus dekat dengan langit agar orang yang meninggal bisa lebih dekat ke surga. Peti mati tersebut sebenarnya ditemukan oleh para arkeolog di antara sisa-sisa peradaban kuno tersebut.

Penataan peti mati dimaksudkan agar mereka yang meninggal tetap berada dalam posisi yang sangat terhormat dan hantu serta roh mereka bebas berkeliaran di sekitar bukit dan bebatuan.

7. Pemulungan Massal

Ritual kuno ini dipraktikkan oleh masyarakat adat di Pantai Barat Laut Pasifik Amerika Utara. Ritual ini melibatkan membuang semua orang mati di sekitar kota, desa atau kota ke dalam satu lubang dan kemudian melepaskan hewan liar untuk dimakan oleh mayat tersebut.

Dengan cara ini para kerabat tidak perlu melakukan metode lain seperti penguburan dan kremasi. Pembuangan jenazah melalui cara ini membuat orang mati hanya hidup dalam satu wujud di akhirat dan mereka tidak mempunyai harta benda di dunia nyata, bahkan jenazahnya sendiri pun tidak.

6. Dimakan Burung Bangkai

Mengekspos Orang Mati pada Burung Hering

Photo :
  • istimewa

Tradisi aneh lainnya sedang direvitalisasi oleh komunitas Parsi di Mumbai. Terutama sebuah ritual yang dipraktekkan oleh agama Zoroastrian, dengan terlebih dahulu mempersiapkan orang mati dengan membersihkan dan memandikan mereka dan kemudian menempatkan mereka di Menara kuil agama mereka untuk burung nasar. Ide dibalik tradisi ini adalah bahwa orang mati harus membuang wujud fisiknya dan hanya boleh bertahan hidup dalam satu wujud, yaitu diri spiritualnya.

5. Kremasi

Keluarga di China kremasi mayat keluarganya sendiri

Photo :
  • Twitter

Masih dipraktekkan di dunia modern, ritual ini melibatkan pengaturan platform kayu yang tepat dan kemudian membakar orang mati. Jenazah yang telah dikremasi kemudian dimasukkan ke dalam toples untuk disimpan dekat dengan orang-orang tersayang almarhum. Beberapa dari mereka yang meninggal, dalam kehidupan mereka sendiri, meninggalkan surat wasiat tentang bagaimana mereka ingin abunya dibuang.

Bahkan ada yang berharap agar dirinya bisa dilepasliarkan ke luar angkasa, ada pula yang tinggal di India berharap agar mereka diterbangkan ke Sungai Gangga atau samudra lainnya, dan ada pula yang berharap agar mereka tetap dekat dengan kerabatnya.

4. Pencekikan

Pemakaman nyeleneh.

Photo :
  • istimewa

Praktik modern ini mengambil ide dari ritual kuno Sati. Upacara pemakaman tradisional di Pulau Fiji di Pasifik Selatan melibatkan pembunuhan orang-orang terdekat dan tersayang dari almarhum. Amalan tersebut menyiratkan bahwa orang yang meninggal tidak boleh ditinggalkan sendirian di dunia lain dan harus ditemani oleh orang yang dicintai di akhirat agar proses kematian tidak terlalu menyakitkan.

3. Kanibalisme

Salah satu tradisi pemakaman paling aneh di Papua Nugini dan Brasil di mana masyarakat berpesta pora dengan jenazah orang yang meninggal. Praktik tidak manusiawi ini kini jarang dilakukan, kemungkinan besar muncul dari negara-negara kekurangan gizi yang mencari metode lain untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Oleh karena itu, kanibalisme tidak lagi mengharuskan adanya pembuangan jenazah.

Keluarga almarhum biasanya berkumpul di sekitar jenazah dan menggunakan api serta peralatan dasar lainnya untuk membuatnya dapat dimakan. Hal ini juga diketahui dilakukan di negara-negara yang sebagian besar bertahan hidup di hutan dengan tidak banyak makan kecuali tumbuhan dan tumbuhan.


2. Pemakaman Langit

Salah satu tradisi pemakaman paling aneh yang masih dipraktikkan. Pemakaman langit atau pembedahan ritual adalah praktik penguburan di provinsi Tibet, Qinghai, dan Mongolia Dalam di Tiongkok. Mayat manusia dipotong kecil-kecil dan ditempatkan di puncak gunung, sehingga terpapar unsur-unsur (mahabhuta) dan hewan – terutama burung pemangsa.

Fungsi pemakaman langit hanyalah untuk membuang jenazah dengan cara yang semurah mungkin. Mayoritas orang Tibet dan Mongolia menganut agama Buddha Vajrayana, yang mengajarkan perpindahan roh. Mereka percaya bahwa jenazah tidak perlu diawetkan karena kini hanya berupa wadah kosong. Burung mungkin memakannya atau alam dapat menyebabkannya membusuk.

1. Sati

Sati merupakan tradisi yang sangat tua dari agama Hindu. Hal ini jarang dilakukan saat ini. Sati adalah sejenis hukuman yang diberikan kepada perempuan yang suaminya telah meninggal, yaitu terutama terhadap para janda. Tidak hanya umat Hindu, beberapa budaya lain juga diketahui mempraktikkan tradisi ini.

Janda tersebut terpaksa membakar dirinya sendiri sebagai cara untuk mengorbankan dirinya kepada kekuatan besar sehubungan dengan kematian suaminya. Alasan utama dari praktik ritual ini mungkin karena seorang wanita yang sendirian tidak memiliki tempat di dunia ini setelah kematian suaminya dan dia harus rela mengorbankan dirinya di hadapan para Dewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya