Jokowi Ajak DPR Terbitkan UU Sekaligus Revisi Puluhan Aturan 

Pidato perdana Presiden Jokowi di MPR sebagai Presiden periode 2019-2024
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Usai dilantik di MPR untuk periode 2019-2024, Presiden Jokowi pada masa jabatannya lima tahun mendatang ingin membuat gebrakan baru. Bersama Dewan Perwakilan Rakyat, Jokowi berniat mengajak lembaga 'wakil rakyat' itu membuat dua Undang-undang sekaligus. UU yang diharapkan adalah UU tentang Lapangan Kerja dan UU tentang Pemberdayaan UMKM.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

"Masing - masing UU tersebut akan menjadi Ombnibus Law yaitu satu UU sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU," kata Jokowi dalam pidato perdananya setelah dilantik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019. 

Menurut Jokowi, UU mengenai lapangan kerja dan pengembangan UMKM saat ini harus diubah. Hal itu sesuai janji kampanye yang akan mengedepankan sumber daya manusia, setelah lima tahun fokus pada pembangunan infrastruktur. 

Polisi Bekuk Pria Diduga Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

"Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan," kata Jokowi. 

Tidak hanya itu dalam pidatonya, Jokowi juga ingin menyederhanakan tingkatan di pemerintahan. Menurut dia, jumlah pejabat eselon hingga tingkat IV perlu disederhanakan. 

Polisi Cokok Wanita yang Biayai Upaya Penggagalan Pelantikan Presiden

"Menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan menghargai kompetensi," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (ren)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap rencana upacara HUT RI dan pelantikan Presiden baru di IKN

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024