10 Nomenklatur Kementerian Baru, Bekraf Berubah Jadi Kementerian

Ali Mochtar Ngabalin.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

VIVA – Pihak Istana Kepresidenan menyebut ada 10 nomenklatur baru Kementerian yang akan dijalankan pada periode kedua Presiden Joko Widodo. Perubahan kementerian ini diharapkan akan mendukung kinerja Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan.

Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, ada nomenklatur Kementerian yang sudah rampung. Dia menyebut di antaranya Kementerian Investasi, Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif. 

"Kalau tidak ada perubahan, itu ada semacam nomenklatur baru yang namanya Kementerian Investasi, kemudian ada semacam Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif," kata Ngabalin saat dikonfirmasi, Senin 21 Oktober 2019. 

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

Dia menjabarkan, Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif itu merupakan perubahan dari Badan Ekonomi Kreatif yang telah dibentuk pada periode sebelumnya. 

"Itu perubahan dari badan ekonomi kreatif," kata dia. 

Forum Bank Sentral Asia Timur, BI Pamer Ekonomi RI Kuat di Tengah Ketidakpastian

Selain itu, dia juga menjelaskan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), dan Kementerian Kehutanan akan dipisah menjadi kementerian masing-masing. 

"Kemudian olahraga itu lebih diarahkan kepada semacam satu badan khusus setingkat menteri, (atau) kepala badanlah," ujarnya. 

Meski begitu, Ngabalin mengatakan masih ada kemungkinan perubahan jumlah nomenklatur. "Iya masih bisa bertambah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya