Kebakaran Pipa BBM, KCIC Siap Tanggung Jawab ke Pertamina

Kebakaran Pipa Minyak Pertamina di Cimahi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – PT Kereta Cepat Indonesia-China atau KCIC secara resmi menyampaikan permohonan maafnya atas kebakaran pipa penyalur bahan bakar minyak PT Pertamina di pinggir ruas tol Purbaleunyi KM 130 Cimahi, pada Selasa 22 Oktober 2019.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

Direktur Utama KCIC, Chandra Dwiputra, memastikan, saat ini pihaknya juga masih melakukan proses pengamanan di sekitar lokasi kejadian, dan melakukan investigasi terhadap kejadian itu.

"PT KCIC mohon maaf kepada PT Pertamina dan masyarakat atas insiden yang terjadi," kata Chandra dalam keterangan tertulisnya, Kamis 24 Oktober 2019.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Chandra juga memastikan, KCIC akan bertanggung jawab terhadap kerusakan yang terjadi, dan akan bekerja sama dengan segenap pihak yang berwajib. "Untuk segera memulihkan keadaan dan memastikan kondisi di lapangan tidak terganggu," ujar Chandra.

Dia pun menyampaikan, terlepas dari insiden ini, pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB akan tetap berlanjut pada titik lainnya, di sepanjang trase Jakarta-Bandung. Upaya itu dilakukan melalui peningkatan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan, dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Terkait kejadian ini, lanjut Chandra, KCIC akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, untuk memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pembangunan proyek KCJB. Hal itu seiring dengan upaya peningkatan pengawasan pada proses konstruksi, terutama dari aspek keamanan dan keselamatannya.

"PT KCIC tetap dan selalu berkoordinasi dengan Pertamina, terkait dengan penanggulangan akibat kejadian ini. Untuk memastikan keamanan, kami juga terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan dan menerapkan perimeter pengamanan di lokasi kejadian," ujarnya.
 
Sesuai jadwal pekerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB, sebagian jalur pipa Pertamina di sebelah utara sepanjang jalan tol Cipularang itu telah siap untuk dipindahkan ke jalur pipa baru.

Upaya tersebut segera dilaksanakan dengan koordinasi bersama antara KCIC dan Pertamina, serta dipastikan akan mulai dikerjakan pada akhir Oktober 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya