Gempa Guncang Pulau Seram Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Lokasi gempa Ambon.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa berkekuatan 5,1 skala richter mengguncang Pulau Seram, Maluku. Gempa terjadi sekira pukul 17:10 WIB, dengan koordinat posisi 3.49 Lintang Selatan dan 128.35 Bujur Timur. 

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, usai gempa terjadi, belum ada korban jiwa dan tidak berpotensi tsunami. 

“Belum ada laporan kerusakan dan korban dari BPBD Prov Maluku. Diharapkan, masyarakat tidak panik dan mendengarkan informasi dari BMKG dan BPBD,” kata Agus Wibowo, selaku kepala Pusat Data Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan tertulisnya, Selasa 13 November 2019. 

Awal Mei, 26 Provinsi Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

Dalam keterangan tertulis yang sama disebutkan juga salah satu warga sempat melaporkan guncangan di sekitaran wilayahnya.

Joni Sumbung, yang juga merupakan Direktur Penanganan Pengungsi BNPB tengah berada Rumah Sakit Umum Kudamati, Ambon, juga melaporkan bahwa goncangan dirasakan cukup kuat.

Gunung Ruang Erupsi Lagi, BMKG Efektifkan Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami

“Bapak, barusan gempa paling kuat sekali. Semoga tidak ada yang korban,” kata salah seorang warga saat menceritakan kejadian kepada BNPB.

BNPB memastikan, bakal menyampaikan secepatnya kabar terbaru, terkait korban dan kerusakan pascagempa di wilayah Indonesia bagian Timur itu. (asp)

Ilustrasi petugas BMKG

Udara Panas yang Melanda RI dalam Beberapa Hari Terakhir Bukan Heatwave, Menurut BMKG

BMKG memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir bukan merupakan gelombang panas atau heatwave tapi akibat gerak semu Matahari.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024