Pemerintah Akan Wajibkan Sertifikasi Pernikahan, Ini Alasannya

Menko PMK Muhadjir Effendy usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa, 1 Oktober 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Pemerintah akan mewajibkan ada sertifikasi perkawinan bagi pasangan yang hendak menikah, mulai 2020 mendatang. Sertifikasi itu akan dilakukan seperti pembekalan kepada calon pasangan suami istri. 

Rizky Febian dan Mahalini Bakal Menikah di Bali pada 5 Mei

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. "Yang ditekankan sertifikasinya, jadi harus ada pelatihan dan upgrade pembekalan terhadap semua calon pasangan suami istri," kata Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Muhadjir mengungkapkan, sebelumnya sudah ada bimbingan pranikah dari Kementerian Agama. Namun, menurut dia, soal pernikahan seharusnya juga menjadi perhatian lintas kementerian.
"Sebetulnya pembekalan harus lintas kementerian, tidak hanya soal pemahaman soal aspek-aspek keagamaan, juga kesehatan dan juga ekonomi rumah tangga, juga soal masalah reproduksi," ujar Muhadjir.

Anwar Fuady Ungkap Persiapan Pernikahannya di Usia 77 Tahun

Mengenai seperti apa bentuk sertifikasinya, menurut dia, hal itu hanya teknis saja. Yang jelas, sertifikasi itu adalah bukti bahwa pasangan sudah mengikuti pembekalan.

"Ini yang akan dirancang kemungkinan bisa online, tapi juga harus ada tatap muka. Terutama yang kita harus siap bekali itu adalah persiapan mereka memasuki untuk rumah tangga baru, membangun rumah tangga baru," kata Muhadjir.

Viral di TikTok Pernikahan Low Budget, Enggak Sampai Rp3 Juta

Dalam pembekalan, menurut dia, perlu dikenalkan berbagai pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Kemudian pasangan juga akan dibekali mengenai soal ekonomi kerumahtanggaan.
"Akan kita bekali tentang masalah ekonomi kerumahtanggaan, dan targetnya menekan angka perceraian," kata Muhadjir.
 

Rizky Febian dan Mahalini

Segera Dipersunting Rizky Febian dengan Prosesi Ijab Kabul, Mahalini Raharja Bakal Mualaf?

Pengakuan terbaru yang diungkapkan oleh pihak kepala lingkungan, rupanya tak jauh berbeda dengan apa yang pernah diungkapkan oleh ayah Mahalini Raharja, I Gede Suraharja.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024