Banjir di Rokan Hulu Riau Mulai Surut, Warga Diminta Tetap Waspada

Banjir yang menggenangi Kota Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau
Sumber :
  • Humas Rokan Hulu/Bambang Irawan

VIVA – Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, mulai berangsur surut, Rabu pagi, 27 November 2019. Banjir terjadi imbas meluapnya Sungai Batang Lubuh itu setidaknya merendam 10 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Rambah dan Rokan IV Koto.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting mengatakan, genangan banjir sudah mulai surut di beberapa wilayah. Bahkan, jalan-jalan di Kota Pasirpangaraian seperti di Jalan Tuanku Tambusai, yang sebelumnya tergenang banjir selutut, sudah bisa dilalui. 

"Untuk lokasi tergenang, kita bersyukur sudah normal dan genangan sudah tidak ada," kata AKBP Dasmin Ginting dilansir Humas Polda Riau hari ini. 

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Banjir mulai surut seiring penurunan debit air di Sungai Batang Lubuh pada Rabu pagi. Seperti diketahui, banjir yang terjadi di Rokan Hulu ini memang peristiwa tahunan. Setiap musim penghujan, debit air Sungai Batang Lubuh naik dan meluap menggenangi pemukiman warga. 

"Ini (banjir) rutin setiap tahun, besar kecilnya bervariasi, namun demikian masyarakat bisa mengantisipasi karena debit airnya luar biasa," ujar Dasmin.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Kendati genangan air mulai surut dan aktivitas warga mulai normal kembali, Kapolres mengimbau warga tetap waspada. Kepolisian bersama pihak terkait akan terus melakukan pemantauan debit air sungai di perbatasan Padang Lawas Sumut ketika curah hujan yang turun tinggi.

"Ketika debit air kita monitor tinggi, kita sampaikan ke masyarakat di Rokan Hulu, khususnya yang ada di pinggiran sungai untuk antisipasi," imbau Dasmin.

Sebelumnya, ribuan masyarakat menderita akibat banjir yang melanda permukiman penduduk sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Curah hujan yang tak menentu membuat debit air di Sungai Batang Lubuh di Kecamatan Rambah meluap hingga Selasa 26 November 2019.

Tidak hanya di daerah pedesaan, banjir juga merendam pusat kota Rokan Hulu, seperti yang terjadi di Jalan Raya Tuanku Tambusai, Kota Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah. Luapan air menenggemkan seluruh badan jalan yang menyerupai sungai mengalir pada Selasa kemarin. 

Berdasarkan pantauan BPBD Riau sejak beberapa hari terakhir, selain kabupaten Rokan Hulu, banjir juga terjadi di kabupaten Kuantan Singingi. Sebanyak 12 Desa terendam banjir disebabkan meluapnya Sungai Kuantan. Akibatnya, sejumlah warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai terendam.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika BMKG Stasiun Pekanbaru memprakirakan, hujan masih berpotensi terjadi sebagian wilayah di Riau. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya