10 Catatan Perjalanan Haji Indonesia Tahun 2019 

Jemaah Haji Miqat di Bir Ali
Jemaah Haji Miqat di Bir Ali
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Tahun 2019 menjadi tahun bersejarah bagi penyelenggaraan ibadah haji Indonesia. Tak hanya karena pada tahun 2019, Indonesia mendapatkan kuota jemaah haji terbanyak di dunia, jemaah Indonesia juga mendapatkan banyak fasilitas dan layanan prioritas dibanding jemaah dari negara lainnya. 

Pada tahun ini, Kementerian Agama selaku regulator dari penyelenggaraan haji Indonesia, melakukan banyak terobosan untuk peningkatan layanan jemaah. Mulai dari transportasi bus Shalawat, akomodasi hingga katering.

Kebahagian jemaah haji Indonesia tahun 2019 semakin bertambah dengan penambahan dan peningkatan fasilitas dari pemerintah Arab Saudi. Jemaah Indonesia menjadi pilot project layanan imigrasi di Arab Saudi, sehingga masa tiba/kedatangan dan kepulangan di bandara menjadi lebih singkat.

Berikut, rangkaian peristiwa dan fakta yang mengiringi penyelenggaraan ibadah haji 2019/1440H:

1. Kuota Haji Terbesar di Dunia 

Kuota haji Indonesia pada tahun 2019 ini menjadi yang terbesar di dunia. Indonesia mendapat tambahan kuota 10 ribu. Dengan kuota normal sebanyak 221.000 jemaah ditambah 10 ribu, sehingga total jemaah haji Indonesia tahun 2019 berjumlah 231.000 jemaah.

Dengan penambahan ini, menempatkan Indonesia sebagai negara pengirim jemaah haji terbesar di dunia.