Muncul Lagi, Kini Bunga Bangkai Tumbuh Mekar di Deli Serdang

Tumbuhan bunga bangkai tumbuh di Deli Serdang, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVAnews/Putra Nasution

VIVA – Bunga bangkai langka ditemukan tumbuh subur di perkebunan milik warga di Desa Tambunan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tumbuhan jenis Amorphophallus Titanium itu tumbuh mekar.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

"Bunga bangkai itu ditemukan pertama kali oleh pemilik lahan, Arif Liasta Ginting," ujar warga sekitar, Yudha Pohan kepada wartawan, Jumat, 3 Januari 2019.

Yudha mengungkapkan keberadaan bunga bangkai langka ini sontak membuat heboh pemilik perkebunan dan warga sekitar. Kini, bunga tersebut dirawat oleh Arif. Dengan tujuan, agar bertumbuh dengan subur.

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

"Diperkirakan, bunga bangkai sudah sekitar empat hari mekar. Tingginya sekitar 1,4 meter," tutur Yudha.

Yudha menjelaskan bunga bangkai dapat dilihat tumbuh secara sempurna dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Pemilik lahan memperbolehkan masyarakat jika ingin melihatnya.

Heboh, Bunga Bangkai Setinggi 50 Cm Tumbuh di Kebun Warga Kalbar

"Masyarakat bisa lihat, dan demi perawatan juga serta jaga lingkungan sekitar, pelajar dikutip Rp10 ribu dan umum Rp15 ribu," jelas Yudha.

Diketahui, bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanium saat ini berstatus terancam punah. Tanaman ini suku talas-talasan endemik Pulau Sumatera.

"Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga dengan ketinggian sekitar empat meter," kata Yudha. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya