Wamen BUMN Beberkan Permainan Investasi Saham Asabri

Asuransi ASABRI
Sumber :
  • Instagram ASABRI

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan, permainan saham yang terjadi di PT Asuransi Jiwasraya dengan yang terjadi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) memiliki kesamaan. 

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan berdasarkan audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), perusahaan asuransi tersebut berinvestasi pada perusahaan yang memiliki saham-saham yang nilainya anjlok. 

Akibatnya, perusahaan tersebut diketahui harus mengalami kerugian sekitar Rp10 triliun karena saham yang dibeli merupakan saham-saham yang tidak berkualitas atau saham-saham gorengan.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

"Ya mirip-miriplah dengan saham-saham yang ada di Jiwasraya. Jadi memang ada semacam hubungan antara permainan saham di Jiwasraya dan di Asabri," kata dia ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

Dia pun menegaskan, atas kejadian tersebut, pemerintah akan melakukan tindakan terhadap manajemen perusahaan dan pihak-pihak lainnya yang terkait, sebagaimana tindakan yang telah dilakukan terhadap Jiwasraya.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

"Kita akan lakukan tindakan-tindakan juga, kita akan lihat siapa pihak-pihak yang bertanggung jawab dan itu pada saatnya kita akan umumkan sanksi-sanksinya dan prosesnya seperti apa," tutur dia.

Namun begitu, dia menekankan bahwa kerugian dan permasalahan yang dialami perusahaan tersebut tidak jauh lebih besar ketimbang yang dialami Jiwasraya. Penanganan kasusnya pun dipastikannya akan berbeda.

"Gedean Jiwasraya. Penyelesaiannya juga beda karena kan Asabri asuransi sosial. Nanti kita akan bicara dengan menteri keuangan," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya