BMKG: Kecil Kemungkinan Asap Kebakaran Australia Menyebar ke Indonesia

Mobil pemadam berusaha menembus medan kebakaran hutan Australia bagai neraka
Sumber :
  • Video BBC via YouTube

VIVA – Kejadian kebakaran hutan yang terjadi di Australia hingga hingga kini asapnya masih meluas. Bahkan, lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, mengumumkan, asap dari kebakaran hutan di Australia sudah mengelilingi dunia.

Badan Amal Mengeluh Tak Kebagian Donasi Kebakaran Hutan Australia

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, kondisi dinamika atmosfer pada awal hingga pertengahan Januari 2020, menunjukkan pergerakan penyebaran asap dominan terjadi di belahan bumi selatan. 

"Asap ini menyebar dari Australia ke arah timur karena dipengaruhi oleh polar jet stream yaitu aliran angin kencang pada sekitar 60 derajat Lintang Selatan dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam, yang bergerak konsisten ke arah timur," kata Deputi Bidang Klimatologi, BMKG, Herizal dalam keterangannya, Jumat, 17 Januari 2020. 

TNI Mulai Tugas Bantu Pulihkan Australia dari Kebakaran Hutan

Polar jet stream, kata dia, telah membawa asap kebakaran hutan Australia menyeberangi Samudera Pasifik bagian selatan pada ketinggian atmosfer sekitar 16 km, dan menyebar sampai ke negara Benua Amerika bagian selatan, antara lain Chili, Argentina, dan Uruguay.

Hingga akhir Januari 2020, diperkirakan polar jet stream masih cukup kuat, sehingga potensi penyebaran asap masih dominan ke arah timur.

VIDEO: Penampakan Pesawat Bomber Canggih Padamkan Neraka Australia

"Oleh karena itu, kecil kemungkinan asap akan secara langsung menyebar ke wilayah Indonesia," katanya. 

Ia menambahkan, kejadian kebakaran hutan Australia pada 2019/2020 ini termasuk salah satu kejadian yang paling parah dalam sejarah kebakaran hutan. 

Meskipun tidak dapat dikaitkan secara langsung dengan perubahan iklim, tetapi kenaikan suhu udara global telah meningkatkan risiko kebakaran hutan sehingga akan lebih sering terjadi (IPCC, 2018).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya