Menkominfo Ungkap 54 Hoax Corona, dari Kurma Hingga Air Wudhu

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan ada 54 informasi palsu atau hoax terkait dengan wabah Virus Corona. Temuan itu berdasarkan penelusuran yang dilakukan sejak 23 Januari 2020 hingga Senin 3 Februari ini.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

"Khusus terkait dengan framing Corona Virus melalui cyber drone Kominfo, terdapat 54 percakapan atau isu hoax dan disinformasi," kata Menkominfo Johnny G. Plate di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 3 Februari 2020.

Berbagai bentuk hoax menyebar ke masyarakat. Plate mencontohkan seperti adanya kurma yang mengandung Virus Corona, hingga air wudhu yang disebut bisa membunuh Virus Corona.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

"Ini disinformasi. Dua penumpang Lion Air meninggal karena virus corona, enggak benar itu. Itu disinformasi," ujar menteri asal Nasdem ini.

Plate juga menyebut contoh hoax lain seperti Virus Corona sudah masuk di Pekanbaru. Menkominfo meyakinkan bahwa sejauh ini pemerintah telah melakukan pencegahan dengan baik.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

"Virus Corona sudah masuk di Pekanbaru, ini hoax. Negara kita masih aman ya. Melakukan pencegahan di semua pintu masuk dan dilakukan secara terkoordinasi oleh pemerintah," katanya.

Dia juga meyakinkan warga tidak perlu khawatir dengan WNI di Natuna yang baru pulang dari Wuhan, China. Pemerintah katanya benar-benar melakukan observasi terhadap mereka sesuai standar WHO.

Ayu Dewi

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Ayu Dewi menegaskan tidak pernah menjadi MC untuk acara apa pun dari keluarga Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024