Korban Tewas Corona Lebih 1000 Orang, Pejabat Tinggi China Dicopoti

Evakuasi WNI dari Wuhan (China)
Sumber :
  • Dok. KBRI Beijing

VIVA – China mencopot pejabat-pejabat tinggi pemerintahan menyusul korban meninggal dunia sudah melewati angka 1000 orang akibat virus Corona. Dikutip dari laman BBC, Kepala Dinas Kesehatan Hubei dan kepala Komisi Kesehatannya termasuk yang dicopot dari jabatan tersebut.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Disebut masih akan lebih banyak pejabat yang didemosi karena dianggap tak membuat situasi di China khususnya Hubei lebih baik pascamerebaknya wabah Corona.

Sementara Kepala Palang Merah lokal juga dicopot dan ditempatkan menjadi pengurus donasi bantuan. Pada Senin saja dilaporkan sudah 103 orang meninggal di Hubei saja akibat virus Corona. Angka itu membuat jumlah korban tewas sedikitnya sudah 1016 orang.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Namun disebutkan bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus Corona jumlahnya menurun sekitar 20 persen. Hari sebelumnya 3.062 menjadi 2.478 orang. Sementara Komisi Kesehatan Hubei membenarkan ada 2.097 kasus baru di provinsi itu.

Menurut media pemerintah China, ada ratusan peringatan hingga investigasi yang dilakukan setelah wabah Corona merebak di Hubei. Pejabat yang dicopot disebut masih bisa mendapatkan sanksi dari Partai Komunis atas kegagalan mereka.

Bawaslu Sebut Bansos dan Penggantian Pejabat Daerah Jadi Aspek Pengawasan Pilkada 2024

Wakil Ketua Palang Merah Zhang Qin contohnya diberikan sanksi serius selain didemosi. Dia diberikan teguran keras. Pada awal bulan ini, Wakil Kepala Badan Statistik Wuhan juga dicopot dan juga mendapatkan teguran dari Partai Komunis. Kemudian Kepala Komisi Kesehatan Huanggang, kota kedua yang terparah terkena virus Corona juga dicopot.

Pemerintah China belakangan mendapatkan kritik atas penanggulangan virus Corona. Apalagi dokter pertama yang menginformasikan adanya potensi virus Corona mewabah ternyata meninggal dunia. Peringatannya sempat tak didengarkan oleh pemerintah setempat. Bahkan dia sempat disebut dibungkam oleh otoritas.

BMW i5

Kaum Mendang-mending Jangan Kaget dengan Harga Mobil Listrik BMW i5, Incar Pejabat dan Sultan

BMW Group Indonesia akhirnya resmi mengumumkan harga sedan listrik terbarunya, BMW i5. Mobil ini merupakan generasi kedelapan dari 5 Series ini jadi incaran para sultan.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024