Ada Longsor, Pengemudi Truk Diimbau Ambil Lajur Kanan Tol Cipularang

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Polisi Istiono
Sumber :
  • Humas Korlantas Polri

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengimbau pengemudi kendaraan golongan II, seperti truk agar tidak mengambil sisi atau lajur kiri jalan, saat melintas di Tol Cipularang, kilometer 118+600 jalur B atau dari Bandung ke Jakarta.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Imbauan itu guna mengurangi beban jalan, imbas dari tanah longsor yang terjadi di kawasan tersebut. "Jalur B kita lihat tadi bahwa ini bisa dilalui kendaraan, tapi rekomendasi untuk kendaraan berat di sisi kanan diwajibkan," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVAnews, Rabu, 19 Februari 2020.

“Sementara untuk arah sebaliknya, dari Jakarta menuju Bandung atau jalur A masih normal dan bisa dilalui," dia menambahkan.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Jasa Marga Tbk tengah melakukan perbaikan di lokasi longsoran. Dia menyebut longsor terjadi akibat saluran air gorong-gorong yang tersumbat.

"Saya lihat perbaikan-perbaikan oleh PUPR sudah berjalan 24 jam untuk perbaiki kondisi longsor ini, agar bisa membantu masyarakat," tuturnya.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Longsor terjadi pada Selasa 11 Februari 2020, sekira pukul 19.00 WIB. Selain menimbun rumah warga, material tanah pun menimbun persawahan.

Lokasi longsoran berada di bawah jalan Tol Purbaleunyi, tepatnya di kilometer 118+600 jalur B arah Jakarta. Titik longsor hanya berjarak kurang lebih delapan meter dari titik longsor.

Ilustrasi tanah longsor.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Enam orang lainnya dilaporkan menderita luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit. Tragedi longsor itu terjadi Kelurahan Tallang Sura, Buntao, Toraja Utara.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024