Arab Setop Umrah, Al Buruj Travel Siap Kembalikan Uang Jemaah

Dampak kebijakan Saudi, Al Buruj Travel Umrah siap kembalikan uang jemaah.
Sumber :
  • vivanews/Irfan

VIVA – Haji Wadi, pemilik Al Buruj, salah satu perusahaan travel haji dan umrah terbesar di Kota Makassar, mengaku sangat menyayangkan kebijakan mendadak yang dikeluarkan Kerajaaan Saudi Arabia tentang pemberhentian penerimaan jemaah umrah.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Akibat kebijakan tersebut, sekitar 300 lebih jemaah Al Buruj terancam batal berangkat ke Tanah Suci.

"Info soal kebijakan dari Saudi ini tengah malam saya dapatkan. Kita berharap ini tidak berlangsung lama, dan kami juga terus berkoordinasi ke Saudi," kata Wadi, Kamis, 27 Februari 2020.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Dampak lainnya, ia menyebutkan, jadwal pemberangkatan di maskapai penerbangan hingga sewa penginapan di Tanah Suci yang sudah direncanakan sebelumnya, menjadi berantakan semua.

Tetapi, menurut Wadi, yang paling merasakan tentu para jemaah. "Karena mereka pastinya sudah ada yang cuti dari pekerjaan untuk persiapan ibadah umrah," ucapnya.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Adapun taksiran kerugian yang diderita, Wadi belum bisa memastikan, karena pihaknya juga masih terus melobi maskapai dan penginapan. Harapannya, semua pihak bisa memaklumi kondisi itu.

"Kalau melihat dari kerugian, dampaknya memang besar. Namun kami akan memberikan dua opsi, yakni mengembalikan dana jemaah atau melakukan rescedule ulang," jelasnya.

Indonesia termasuk yang terkena imbas dari kebijakan penghentian jemaah umrah dengan alasan Arab Saudi mengantisipasi penyebaran virus corona di negaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya