Dokter: Ada Perawat Dilarang Pulang karena Takut Tularkan Corona

Dr dr Erlina Burhan Sp.P(K), Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan mengemukakan, dokter dan tenaga medis merupakan ujung tombak dalam melawan virus Corona, Covid-19. Namun, alat pelindung diri (APD) kurang memadai. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Di RS Persahabatan saja, menurut dia, stok APD hanya cukup untuk satu pekan lagi. "Kami mau (merawat pasien), kami harus, harus dan mau, tolong difasilitasi. Kita juga manusia biasa, punya anak, punya keluarga," ujarnya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne Jakarta, Selasa malam 24 Maret 2020.

Bahkan, Erlina menceritakan, ada perawat di rumah sakitnya yang belum berkeluarga menceritakan dilarang pulang oleh ibu indekosnya lantaran dikhawatirkan menularkan virus corona. "Ada perawat kami yang belum keluarga yang kost menceritakan dilarang ibu kost pulang ke rumah," ujarnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tak hanya itu. Menurut Erlina, ada juga anak dari perawat di rumah sakitnya yang diminta oleh tetangganya untuk tidak main ke rumah tetangga tersebut. Sebab, ibu anak tersebut bekerja di rumah sakit dan merawat pasien corona sehingga dikhawatirkan menularkan Covid-19 itu.

Pada bagian lain, Erlina mengungkapkan, ada dokter muda yang tidak berani pulang ke rumahnya lantaran khawatir jika pulang akan menularkan ke orangtuanya. "Sudah berjibaku (melawan corona) menyimpan rasa rindu kepada orangtua," ujarnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024