PDP yang Meninggal di Pamekasan Madura Ternyata Positif Covid-19

VIVA – Satu pasien positif corona Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Martodirdjo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pasien tersebut sebelumnya dinyatakan negatif.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam  menyampaikan informasi ini di Pendopo Ronggosukowati, Pamekasan, Minggu malam, 29 Maret 2020.

Badrut mengatakan pasien tersebut berusia 11 tahun yang masuk ke RSUD dr Slamet Martodirdjo pada Kamis, 19 Maret 2020. 

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Ia menyebut pasien tersebut datang dari Kota Malang, Jawa Timur dengan kondisi sudah sakit. Beberapa hari menjalani perawatan di rumah sakit, pasien tersebut dilaporkan meninggal dunia pada Jumat, 20 Maret 2020.

Terkait status positif, ia menjelaskan kronologinya. Awalnya, sampel cairan dari tenggorokan pasien tersebut dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya, Jawa Timur dengan hasil negatif.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Namun, pada Minggu, 29 Maret dari hasil laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta dan diketahui PDP yang meninggal dunia tersebut positif Covid-19.

Kemudian, Tim Gugus Tugas Pamekasan akan melakukan tes kepada beberapa orang yang melakukan kontak dengan pasien tersebut. Selain orangtua, tenaga medis dan dokter yang menangani perawatan almarhum juga akan dilakukan tes. Selanjutnya, akan dilakukan upaya tracking ke daerah asalnya di Jawa Timur.

Soal pemakaman, jenazah sudah dikebumikan sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan korban Covid-19. Pun, seluruh dokter dan perawat yang menangani pasien tersebut saat ini dalam masa karantina selama 14 hari. Begitu juga orangtua pasien juga melakukan isolasi mandiri selama dua pekan.

Laporan Veros Afif-tvOne dari Pamekasan, Madura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya