Petugas Lapas Banceuy Bandung Gagalkan Penyelundupan Narkoba

Ilustrasi barang bukti narkoba.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Petugas jaga blok hunian Lapas Kelas II A Banceuy, Bandung, Jawa Barat menggagalkan upaya penyelundupan paket narkoba, Senin, 20 April 2020.

Paket yang dibungkus plastik hitam berlapis selotip putih itu berisi 37 butir Riklona, 19 butir Alprazolam, 10 butir lorazepam, 2 bungkus kertas rokok Masrbrand, satu paket diduga ganja seberat 3,20 gram, dan satu butir obat yang tidak diketahui jenisnya.

“Salah satu petugas kami di Lapas Banceuy berinisial A berhasil menggagalkan penyelundupan paket narkoba yang ternyata isinya cukup banyak," kata Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Nugroho dalam keterangannya diterima VIVA, Senin, 20 April 2020.

Nugroho menegaskan, pihaknya tidak mentolerir peredaran narkoba di dalam lapas. Nugroho pun mengapresiasi petugas lapas yang tetap siaga dalam menjalankan tugas di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kejadian seperti ini memang sangat disayangkan, namun kami sangat mengapresiasi petugas kami di lapas atau rutan yang selalu waspada dan cepat tanggap, terlebih di tengah pandemi seperti ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Banceuy, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, kejadian bermula saat A tengah melaksanakan tugas jaga di salah satu blok hunian sejak pukul 07.00 WIB.

"Saat menyisir area blok hunian, A menemukan benda mencurigakan di bawah tangki air di samping blok hunian pada pukul 07.20 WIB," kata Tri.

Saat diperiksa bersama-sama dengan kepala regu pengamanan dan wakil kepala regu pengamanan, ternyata ditemukan barang-barang terlarang dan tidak terdapat keterangan tujuan paket tersebut. Tri menduga peket tersebut dilempar dari luar lapas oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Saat itu juga tim kami langsung mengamankan barang bukti. Setelah kepala kesatuan pengamanan melapor, kami segera menghubungi Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat untuk ditindaklanjuti,” ujar Tri.

Atas kejadian tersebut, Tri memastikan bahwa Lapas Banceuy akan terus meningkatkan keamanan di area lapas. “Kami perketat lagi pengawasan baik di pintu utama hingga seluruh area dalam tembok keliling. Tinggi pagar dan jarring-jaring juga akan kami tambah,” ujarnya.

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah
Bea Cukai gagalkan upaya penyelundupan narkotika berjenis ekstasi

Kinerja Gemilang Bea Cukai Puncaki Trending Topic Nomor 1 di X

Kinerja positif Bea Cukai sedang ramai dibicarakan di media sosial. Hal ini terlihat dari tagar (hashtag) #BeaCukaiTerbaik yang jadi trending topic nomor satu di medsos.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024