Akibat Corona, Puluhan Perusahaan di Kota Bekasi PHK Karyawan

VIVA – Dampak wabah corona, puluhan perusahaan di Kota Bekasi terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ratusan karyawannya. Terlebih lagi, para pekerja yang bekerja di rumah masih melakukan perundingan terkait upah.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

"Ada 601 karyawan di Kota Bekasi yang terkena PHK. Pemutusan kerja ini terjadi sebelum dan sesudah wabah corona berlangsung," kata Kepala Dinas Temaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarto, Selasa 28 April 2020.

Ika menambahkan, PHK yang dilakukan sejumlah perusahaan atas dampak Covid-19 belum menunjukkan angka yang signifikan. Karena, besarnya jumlah pemberhentian karyawan atas dasar akumulatif angka sebelum Covid-19.

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA

Bahkan, kata dia, para pekerja yang sudah dirumahkan atau diliburkan atas wabah Covid-19 sedang pembahasan pemberian upah. Pihak perusahaan dan pekerja merundingkan penerimaan upah selama bekerja di rumah.

Ika berharap, selama wabah corona tidak ada kenaikan jumlah buruh atau karyawan yang di-PHK. Dia juga mengimbau setiap perusahaan yang masih beroperasi konsisten dengan melakukan protokol kesehatan.

Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

"Sektor usaha yang melayani kebutuhan sehari-hari yang memang masih beroperasi diharapkan tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan, social distancing," tutupnya.

Ilustrasi pabrik Megapack Tesla

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Perusahaan Tesla baru-baru ini mengumumkan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap lebih dari 14.000 karyawan, jumlah tersebut 10 persen dari total tenaga kerja mereka

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024