Update Corona di Sumsel 15 Mei: Positif 458, Meninggal 11 Orang

VIVA – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan kembali mengumumkan penambahan jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) yang meningkat secara signifikan.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Pada hari ini, Jumat, 15 Mei 2020, Gugus Tugas melaporkan ada 17 pasien baru yang dinyatakan positif virus corona. Sehingga total pasien positif corona di Sumatera Selatan secara kumulatif sebanyak 458 kasus.

"Penambahan jumlah kasus positif yang terkonfirmasi hari ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode PCR (polymerase chain reaction). Kasus baru itu berasal dari Palembang, Lubuk Linggau dan Banyuasin," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Menurut Yusri, 17 pasien baru tersebut terpapar virus corona melalui penularan transmisi lokal. Mereka ini diketahui pernah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya. "Semuanya merupakan kasus transmisi lokal yang pernah kontak dengan pasien Covid-19," ujarnya.

Selain mengumumkan kasus positif baru, Gugus Tugas juga mengonfirmasi adanya tambahan satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Sehingga jumlah pasien yang meninggal mencapai 11 orang.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

"Satu pasien yang meninggal itu berasal dari Kabupaten Banyuasin. Pasien itu merupakan salah satu dari 17 pasien yang kita umumkan positif hari ini. Karena hasilnya baru kita ketahui hari ini," kata Yusri.

Sementara itu, untuk jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP), di Sumatera Selatan sebanyak 5.134 orang. Telah selesai pemantauan 3.895 dan masih dalam proses pengawasan 1.354 orang.

Selain kasus ODP, Gugus Tugas juga mengumumkan ada 351 jumlah kasus pasien dalam pengawasan (PDP). Telah selesai pengawasan 170 dan masih dalam proses pengawasan di rumah sakit sebanyak 171 orang.

"Jumlah sampel di BBLK Palembang ada 2.224 dengan rincian, OTG 1720, PDP 418 dan ODP 84 orang. Sampel positif 458, negatif 269 dan masih dalam proses 1.495 sampel," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya