Penanganan Corona, KSAD Kirimkan 10 Ribu Stok Reagen ke RSPAD

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, pihaknya bakal berupaya maksimal menyedikan kebutuhan yang dibutuhkan RSPAD Gatot Soebroto dalam menangani pasien Covid-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Salah satunya, lanjut Andika, bakal menyedikan stok sekiranya 10.000 reagen RNA robotic agar pengecekan test melalui metode Polymerse Chain Reaction (PCR) di RSPAD terus berjalan.

“Sebanyak 10.000 stok reagen RNA robotic akan TNI AD kirimkan untuk memenuhi persedian RSPAD,” kata Andika dikutip melalui akun YouTube TNI AD, Kamis, 11 Juni 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Andika, pemenuhan terhadap stok reagen PCR robotic di RSPAD dilakukan agar proses penanganan Covid-19 saat ini dapat terus berjalan sehingga mampu mengurangi angka penyebarannya.

Sementara itu, Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr Budi Sulistya menuturkan bila stok reagen PCR robotic di RSPAD mulai menipis.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Keterbatasan kami bahwa ekstrak RNA ini masih 8.496. Namun ternyata yang robotic tingggal 300 sampel, nah sisanya sebanyak 8.196 itu manual. Untuk manual ini kalau sampel di atas 200 berisiko memang perlu ketelitian pipet. Karena pipet yang bisa berpengaruh pada hasil, kalau boleh menyarankan untuk pengadaan reagen yang robotic,” ujarnya.

Tidak hanya pemenuhan stock kepada RSPAD, Jenderal TNI Andika Perkasa menanggapi permintaan atas convalescent plasma yang juga telah dilaporkan oleh pihak RSPAD.

“Ada permintaan yang datang dari Surabaya, Banjarmasin dan Makasar terkait convalescent plasma. semuanya bisa kami dukung dengan pengiriman teknik khusus (tetap memperhatikan aspek perlunya) 29 kantong (gol a = 21, b = 2, o = 5, ab = 1). Surabaya sendiri terdapat 2 pasien, Banjarmasin 2 pasien, dan Makasar hanya untuk stock,” ujar dr Budi Sulistya.

Pemantauan laporan yang dilakukan Jenderal TNI Andika Perkasa bersama dengan jajaran petinggi TNI Angkatan Darat kepada RSPAD, merupakan upaya yang terus dilakukan agar angka positif Covid-19 berkurang. Setiap kebutuhan penanganan Covid-19 selalu di upayakan cepat terpenuhi kembali, sehingga segala prosesnya dapat terlaksana dengan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya