Pakai Kursi Pelontar, Pilot Jet Tempur Hawk TNI AU Selamat dari Maut

Alutsista pesawat tempur Hawk 100/200
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara jenis Hawk 200 jatuh di perumahan Desa Kubang Jaya, Kampar, Riau sekitar pukul 08.00 WIB pada Senin 15 Juni 2020. Pesawat tersebut jatuh saat melakukan latihan tempur rutin terjadwal.

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto mengatakan kondisi pilot saat ini selamat karena menggunakan kursi pelontar sebelum pesawat jatuh menghantam tanah.

Menurut dia, pesawat tersebut sebelumnya sedang melakukan latihan rutin terjadwal dan kondisi pesawat sebenarnya dalam kondisi layak terbang. Dan laporan terakhir tak ada korban luka maupun korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Kepala Staf TNI AU Datangi Kantor Prabowo, Jadi Beli Jet Tempur Baru?

"Kondisi pilotnya sehat dan normal, sekarang sudah dievakuasi petugas," kata Fajar dalam breaking news tvOne, Senin 15 Juni 2020.

Adapun pesawat jet tersebut diawaki oleh Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Pesawat tempur tersebut berjenis BAe Hawk 109 dengan nomor registrasi TT-0209. 

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

Sementara, lokasi tepatnya kejadian berada di 5 km dari runway 36 Lanud Rsn Pekanbaru. Pilot, saat ini sudah berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api setelah sebuah jet tempur jatuh di Tabriz, Iran, 21 Februari 2022.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebuah pesawat tempur F5 buatan AS yang digunakan militer Iran jatuh dan menimpa tembok sekolah di kota Tabriz, barat laut Iran.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022