Kepala Staf TNI AU Datangi Kantor Prabowo, Jadi Beli Jet Tempur Baru?

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
Sumber :
  • Instagram/@kemhanri

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, menerima kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, di Ruang Manggala Yudha Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI), Jakarta, Selasa 28 Desember 2021.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dilansir VIVA Militer dari siaran resmi TNI Angkatan Udara, pertemuan Prabowo dan Kasau selain dalam rangka silaturahmi, kedua pejabat tinggi negara itu juga membahas sejumlah hal.

Salah satunya adalah penambahan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang akan dioperasionalkan TNI Angkatan Udara, serta program kerja ke depan. 

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Selain itu, Prabowo dan Kasau juga membahas kesiapan sistem pertahanan udara dalam menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti yang diketahui, sejak menduduki kursi Kemhan RI pada 2019 silam Prabowo memang punya ambisi untuk menambah kekuatan alutsista TNI. Salah satunya adalah di sektor pesawat tempur.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

VIVA Militer: Pertemuan Menhan RI dengan Kepala Staf TNI Angkatan Udara

Photo :
  • Instagram/@kemhanri

Beberapa saat lalu, Kemhan RI secara resmi mengumumkan pembelian pesawat latih tempur Lead-In Fighter Training (LIFT) T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan (Korsel). Kemudian, Prabowo juga dikaitkan dengan pembelian jet tempur Dassault Rafale dari Prancis, dan F-35 Lightning II dari Amerika Serikat (AS).

Upaya Kemhan RI meningkatkan kekuatan militer memang tak main-main. Pada Juni 2021 lalu, beredar rumor bahwa Prabowoo mengajukan anggaran pembelian alutsista hingga mencapai Rp1.700 triliun, dalam jangka waktu 25 tahun. 

Selama dua tahun menjabat sebagai Menhan RI, Prabowo sudah membeli sejumlah alutsista untuk memperkuat TNI. Deretan alutsista yang sudah sah dibeli adalah pesawat multiperan Airbus A400M dari AS.

Kemudian, Kemhan RI di bawah komando Prabowo juga sudah sepakat membeli enam kapal perang jenis frigate kelas FREMM, serta dan dua kapal fregat bekas kelas Maestrale, dari perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya