Raisa Bantu Tangani Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Jawa Timur

Robot Raisa untuk bantu tangani pasien Covid-19
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jawa Timur menjadi pusat penyebaran baru Covid-19 setelah DKI Jakarta. Bahkan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan untuk membantu penanganan penyebaran virus Corona tersebut di ujung timur Pulau Jawa itu.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Salah satu yang dilakukan, adalah dengan mengerahkan Raisa. Yakni berupa robot pintar yang bisa digunakan untuk melayani pasien yang terjangkit Covid-19.

Robot ini adalah produksi PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Kali ini, Protelindo Berbagi hadir dengan memberikan donasi di Jawa Timur.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Direktur Protelindo, Indra Gunawan, melihat masih adanya tenaga medis di Indonesia khususnya di Jawa Timur yang tertular penyakit Covid-19 saat menangani pasien. 

Protelindo Berbagi berkolaborasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinisiatif mendonasikan tiga buah robot hasil karya ITS-Unair, yaitu Robot Raisa (Robot Medical Assistant ITS Airlangga) kepada Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya dan Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kata dia, Robot Pelayan Pasien Covid-19 ini bisa melakukan komunikasi dua arah. Selain itu, robot dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu atau temperatur.

Robot ini dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan. 

"Protelindo terus berkomitmen untuk dapat berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19," kata Indra dalam keterangannya di Jakarta, Selasa 16 Juni 2020. 

Dia merasa bersyukur dapat berkolaborasi dengan ITS, untuk memberikan bantuan Raisa dalam membantu para petugas medis di rumah sakit. "Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas,” ujarnya. 

Rektor ITS, Mochamad Ashari, menambahkan, Robot Raisa (Robot Medical Assistant ITS-Unair) adalah produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19. 

Maka dari itu, robot ini sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19, dan bantuan donasi Robot Raisa dari Protelindo dan ITS kepada RS Dr. Soetomo Surabaya dan RS. Dr. Saiful Anwar Malang, diyakini akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dan pasien Covid-19. Dengan demikian, bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis. 

"Ke depan kami harapkan Protelindo bisa memberikan donasi lagi karena masih banyak rumah sakit yang memerlukan Robot Raisa," ujar Ashari. 

Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, Cita Rosita Sigit Prakoeswa turut berterima kasih kepada Protelindo dalam memberikan Robot Raisa kepada RS Dr. Soetomo. Donasi ini sangat berguna dalam memberikan pelayanan di ICU kepada pasien Covid-19. 

Kata dia, ide pembuatan robot ini sangat baik, karena dapat membantu beberapa pekerjaan sederhana tetapi menguras tenaga. Misalkan mengantarkan makanan, memonitor pasien, atau robot yang bisa membantu cleaning service. 

Selain itu, robot ini diharapkan dapat memberikan dukungan secara psikologis pada tenaga kesehatan dan tenaga medis, serta mengurangi jumlah paparan dengan pasien yang infeksius. Juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat kepada RSUD Dr. Soetomo bahwa teknologi tinggi juga digunakan pada pelayanan kesehatan. 

"Kami harapkan bahwa inovasi selanjutnya tidak hanya berhenti pada robot asisten tenaga kesehatan, tetapi juga teknologi lain yang memiliki peran pada pelayanan kesehatan di masyarakat,” ujar Cita Rosita.

Protelindo Berbagi juga akan mendonasikan 2.000 APD lengkap dengan face shield, 5.000 buah masker medis kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga akan mendonasikan 1.000 APD lengkap dengan face shield beserta 1.000 buah masker medis kepada Kodam V Brawijaya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya