BIN Gelar Tes Corona Massal di Bandung, 8 Orang Dinyatakan Positif

BIN gelar tes corona massal di Bandung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkap hasil rapid test dan swab test massal selama tiga hari di Bandung, Jawa Barat. Selama tiga hari, 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19 usai melalui rangkaian rapid test dan juga swab test

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Koordinator Lapangan Mobile Laboratorium BIN, Kolonel Inf Budi Santoso menjelaskan, selama tiga hari di Bandung, BIN telah melakukan rapid terhadap 2.381 Orang. Dari jumlah itu, 43 orang reaktif hasil rapid test.

"Dari lokasi Gedung Promosi, Gedung Sate dan terakhir di Balai Kota ini, jumlah yang sudah kita test yaitu 2.381 orang. Yang reaktif itu ada 43 orang. Sedangkan yang swab test berjumlah 50 orang. 7 orang itu disarankan dokter untuk ikut swab test," kata Budi lewat keterangannya, Sabtu 27 Juni 2020.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Budi mengungkap, dari 50 orang yang mengikuti swab test atau Policymer Chain Reaction (PCR) test, ada 8 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka kemudian menjalani isolasi.

"Jumlahnya 8 yang sudah positif Covid-19. Mereka langsung diisolasi ditangani oleh Pemkot Bandung," kata Kolonel Budi.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Sementara hari ini, kata Budi, adalah hari terakhir pelaksanaan rapid test dan swab test massal di Bandung. BIN berencana terus menggelar kegiatan itu di daerah-daerah lain sebagaimana perintah langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

"Sesuai arahan pimpinan kami Kepala BIN, hari ini adalah hari terakhir kita pelaksanaan rapid test di Bandung. Tentu kita masih akan melanjutkan rapid test di daerah-daerah lain. Kita menunggu petunjuk dari pimpinan," ujar Kolonel Budi.

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi rangkaian rapid test dan swab test massal yang digelar oleh BIN. Menurut dia, kunci untuk mengendalikan pandemi Covid-19 ini adalah dengan terus menggelar test secara masif.

"Kami dari pemkot sangat mengapresiasi kegiatan rapid test ini karena memang kunci pengendalian pandemi ini berada di test yang masif," kata Yana. 

Dia juga memastikan pihaknya akan menindaklanjuti temuan BIN terhadap warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pihaknya akan melakukan pelacakan atau tracing terhadap warga yang positif Covid-19. 

"Alhamdulilah meskipun dari jumlah yang sudah dilakukan rapid test, ada beberapa yang positif, mudah mudahan itu juga menjadi data kami sehingga kami bisa melakukan tracing, keterkaitan antara yang positif, sehingga yang bersangkutan bisa segera diisolasi mandiri dan di-tracing, kira-kira yang bersangkutan pernah berinteraksi dengan siapa saja," terang Yana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya