Lihainya Beruang di Siak Menyusup Permukiman Lolos dari Jebakan BKSDA

Beruang di Siak, Riau
Beruang di Siak, Riau
Sumber :
  • VIVA/Bambang Irawan

VIVA – Sepak terjang beruang yang menyusup ke permukiman masyarakat Desa Sengkemang, Kabupaten Siak, Riau, masih berlanjut. Setelah tujuh ekor ayam milik warga lenyap dimangsa satwa dilindungi itu, baru-baru ini seekor angsa juga mati diterkam beruang.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau Suharyono menyampaikan, situasi terkini di lokasi bahwa tiga hari terakhir tidak terlihat sosok beruang di permukiman warga.

"Menurut laporan tim, beruang tidak terlihat lagi untuk 3 hari ini, terakhir hari Sabtu malam memangsa angsa warga. Tim bersama warga masih mencari keberadaan beruang di lokasi," kata Suharyono kepada VIVA, Rabu 15 Juli 2020.

Belum ditemukannya beruang di lokasi tidak menyurutkan langkah tim BKSDA untuk terus mencarinya. Satu kandang jebakan telah ditambah dengan harapan beruang bisa segera dapat ditemukan.

"Menambah memasang kandang jebak 1 unit, jadi kandang jebak yang terpasang sudah 2 unit," kata Suharyono.

Sengkemang merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. Mayoritas masyarakat desa bekerja sebagai petani.

Desa ini belakangan mendadak menjadi sorotan karena warganya dikenal sangat patuh menerapkan protokol kesehatan semasa pandemi COVID-19. (ren) 

Halaman Selanjutnya
img_title