Poster Habib Rizieq yang Coba Dibakar Massa Dipajang di Kantor FPI

Poster Habib Rizieq yang coba dibakar massa
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Poster Imam Besar Habib Rizieq Shihab yang dicoba dibakar oleh sejumlah orang, kini terlihat terpasang di depan kantor DPP Front Pembela Islam (FPI) Petamburan Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juli 2020.

Top Trending: Habib Rizieq Sebut Dua Kelompok Buaya Sedang Ribut: Dulu Zalim Sama Kita Orang

Wakil Sekjen FPI Novel Bamukmin mengatakan, pihaknya marah dan mengecam aksi percobaan pembakaran poster Habib Rizieq yang dilakukan oleh sejumlah pendemo.

Dalam hal ini, Novel mengatakan, pihak FPI dan GNPF serta PA 212 melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. "Kita akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan ke polisi.” ujar Novel dikonfirmasi, Rabu, 27 Juli 2020.

Habib Rizieq Sebut Dua Kelompok Buaya Sedang Ribut: Dulu Zalim Sama Kita Orang

Baca juga: Poster Habib Rizieq Tak Mempan Dibakar, PA 212: Kebesaran Allah SWT

Dalam kasus ini, Novel menjelaskan, poster tersebut ditemukan anggota FPI di Jalan Gatot Subroto di depan gedung DPR MPR RI, tepat di lokasi sejumlah orang melakukan aksi demonstrasi. "Anggota kami menemukan poster itu di sekitar DPR, kini sudah di perbaiki “ ujar Novel.

Momen Habib Bahar Ziarah dan Cium Nisan Habib Hasan bin Jafar Assegaf

Novel mengungkapkan, pihak FPI mengetahui adanya pembakaran poster Habib Rizieq berdasarkan informasi anggotanya. Berangkat dari situ beberapa orang anggota FPI melakukan pencarian poster.

Novel mengatakan, pihak FPI sama sekali tidak tahu adanya puluhan orang yang melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR RI. "Jadi demo itu tidak ada yang mengetahui, cuma kan DPR ke Petamburan kan sangat dekat, ketika ada poster Imam Besar Habib Rizieq Syihab dibakar, anggota kami melakukan pencarian," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 2.19 menit, beredar luas di media sosial. Di mana sejumlah massa hendak membakar poster bergambar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). Namun, upaya massa membakar poster tersebut gagal, walau poster sudah diguyur bensin.

Video itu diunggah akun Twitter @NengAnyar15 pada Senin malam, 27 Juli 2020. Dalam video itu terlihat poster Habib Rizieq dibentangkan dengan ukuran yang cukup besar. Kemudian, ada seorang pria yang membawa bensin dalam sebuah jerigen lalu mengguyurkan ke spanduk tersebut.

Usai diguyur, muncul pria lain yang mengenakan baju merah dan topi, menyalakan api untuk membakar spanduk berwajah Habib Rizieq tersebut. Api kemudian menyala. Namun, api itu hanya beberapa detik saja menyala di poster tersebut, setelah itu langsung padam.

Ketika api berkobar, massa sempat meluapkan kegembiraan mereka sambil melontarkan kalimat-kalimat ketidaksukaan terhadap Habib Rizieq. Tapi saat api padam, massa sempat terdiam. Lantaran api tidak menyala walau sudah disiram bensin, massa kemudian memukuli spanduk tersebut menggunakan bambu dan berusaha menyobeknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya