Bendera Merah Putih Sepanjang 1,5 Km Terbentang di Jembatan Youtefa

Bendera Merah Putih sepanjang 1,5 Km di Jembatan Youtefa, Papua.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Peringati HUT RI ke-75 bendera sepanjang 1.500 meter dibentangkan oleh Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) bersama masyarakat di sepanjang Jembatan Youtefa, Jayapura. Ini merupakan sejarah baru pembentangan bendera merah putih terpanjang di Papua.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Baca Juga: HUT RI ke-75, Megawati Kenang Pengalaman Tinggal 2 Minggu di KRI

Pengibaran bendera merah putih tersebut merupakan inisiatif Gemapi dan masyarakat Jayapura, sebagai bentuk rasa cinta terhadap NKRI dan wujud nasionalisme pemuda di Papua menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia.

Salut! Putri Handayani Jadi Warga Indonesia Pertama yang Berhasil Taklukkan Kutub Selatan

"Kami ingin menyampaikan kepada seluruh saudara kami masyarakat Papua, jangan sampai masyarakat Papua terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah Papua karena Papua sampai saat ini masih menjadi bagian dari Indonesia," kata Ketua Gemapi, Pilatus, dalam keterangan tertulisnya, Senin 17 Agustus 2020.

Pengibaran bendera sepanjang 1.500 meter ini juga sebagai momentum untuk meluruskan sejarah, bagaimana bergabungnya Papua ke NKRI yang selama ini kerap dibuat kabur oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi Harap Ada Hotel di IKN Rampung Sebelum HUT RI

“Acara seperti ini sangat penting untuk generasi muda Papua, untuk menanamkan rasa cinta, semangat serta tekad terhadap persatuan dan kesatuan NKRI,” tambahnya.

Sebelum pembentangan bendera dilakukan, Gemapi dan masyarakat Kota Jayapura terlebih dahulu menggelar acara konvoi motor dari titik start di batas kota sampai jembatan Youtefa, Jayapura. Saking panjangnya, bahkan butuh waktu 45 menit untuk mencapai kedua sisi bendera merah-putih tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap rencana upacara HUT RI dan pelantikan Presiden baru di IKN

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024