Rayakan HUT RI ke-75, Kibarkan Bendera di Laut hingga Puncak Gunung

Pengibaran bendera Merah Putih di dalam laut
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia, mulai dari pengibaran bendera di dalam laut hingga di puncak gunung.

LIVE Breaking News: Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-78 di Istana Merdeka

Sebanyak 90 orang dari berbagai elemen masyarakat memperingati HUT ke-75 RiIdari puncak Gunung Yuvai Sembiring di Nunukan, Kalimantan Utara. Mereka membentangkan bendera raksasa di puncak gunung sebagai tanda semangat, meski di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Berlangsung Saat Musim Corona, Istana Presiden Sepi di HUT RI ke-75

Pengibaran Bendera Merah Putih, Masyarakat Diimbau Hentikan Aktivitas Sejenak

Dalam video yang diunggah di YouTube tvOnenews, terlihat masyarakat dari berbagai elemen seperti TNI, Polri, pegawai negeri hingga masyarakat ikut menyanyikan lagu nasional dan membentangkan bendera tersebut.

Bendera dengan ukuran 12x10 meter ini dipasang di puncak gunung dengan ketinggian 1.103 meter dari permukaan laut. Cara ini dilakukan sebagai wujud nasionalisme masyarakat perbatasan dalam memperingati HUT RI.

Jokowi Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Nasional 2023

Sementara itu di Ternate, pangkalan Angkatan Laut Ternate dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia mengibarkan bendera merah putih dari dalam laut. Bertolak dari Pantai Falajawa, sekitar 100 orang mengikuti upacara pengibaran bendera ini.

Pengibaran pada kedalaman 10 meter tersebut berlangsung selama satu jam. Selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap lautan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya