Cara Jenderal Andika Wujudkan Ketahanan Pangan, Gunakan Lahan TNI AD

KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar rapat dengan jajaran petinggi TNI AD terkait pelaporan kesiapan rencana pembentukan komponen cadangan dan ketahanan pangan yang diarahkan oleh Kementerian Pertahanan

Dalam pertemuan tersebut, Jenderal Andika membahas perencanaan perekrutan dan seleksi, penyiapan kurikulum pendidikan, perencanaan sosialisasi, pengorganisasian komponen cadangan, perencanaan kebutuhan perbekalan hingga pemanfaatan lahan milik TNI AD untuk pertanian.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

“Tanah yang dimiliki Angkatan Darat di mana pun bisa dimanfaatkan, tetapi yang tidak berbentuk satuan sehingga bisa dikonversi menjadi lahan pertanian dan bisa langsung dikerjakan,” kata Andika dalam keterangannya, Senin, 17 Agustus 2020.

Baca juga: Optimisnya Wakapolri Soal Obat COVID-19

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Adapun yang dijadikan prioritas untuk ketahanan pangan adalah menanam jagung dan singkong sesuai arahan Jenderal TNI Andika Perkasa, karena termasuk tanaman yang mudah untuk dibudidayakan tanpa harus menunggu proses yang lama.

“Pemanfaatan lahan milik TNI AD bisa dilakukan untuk lahan pertanian sehingga bisa segera dilakukan tanpa harus menunggu persetujuan pihak lain. Hingga percepatan untuk membentuk ketahanan pangan bisa dilakukan,” ujar Andika.

Diketahui, dalam menghadapi pandemi COVID-19, pemerintah telah menetapkan kebijakan tentang kemandirian bangsa di bidang pangan dengan cara membuat lumbung-lumbung pangan di berbagai kawasan Indonesia. TNI AD pun terlibat dalam upaya ketahanan pangan ini.

Prabowo Subianto Presiden, Makan Siang Gratis Agenda Besar Bangsa Indonesia
Ilustrasi persawahan.

Polemik Hulu Migas di Area Persawahan Perlu Diselesaikan, Petani Harus Dapat Ganti Untung

Persoalan terkait impitan antara lahan pertanian dan kegiatan hulu migas dinilai harus segera diselesaikan.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024