Di Bawah Thailand, Ma'ruf: Pembangunan Berkelanjutan RI Sudah Maju

Wakil Presiden KH Maruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyatakan pemerintah Indonesia masih terus mengimplementasikan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Ma’ruf mengklaim upaya pencapaian SDGs Indonesia mengalami kemajuan berarti.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf dalam sambutan pada seminar The First International Conference on Islamic Civilization (1st ICIC) di Universitas Sultan Agung, Kamis 27 Agustus 2020.

"Berdasarkan SDG Index 2020, upaya pencapaian SDGs di Indonesia mengalami kemajuan yang berarti atau on track untuk beberapa indikator seperti pengurangan kemiskinan, penyediaan akses terhadap air bersih dan sanitasi, penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, serta upaya terkait dengan perubahan iklim," kata Ma'ruf.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Badan Langsung di Bawah Presiden

Ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyampaikan, ada beberapa indikator yang juga memperlihatkan perbaikan secara moderat. Mulai dari pengurangan kelaparan hingga inovasi infrastruktur.

Startup CleanSheet Lagi Berseri-seri

"Beberapa indikator juga menunjukkan perbaikan secara moderat seperti pengurangan kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan, kualitas pendidikan, penyediaan akses energi bersih dan terjangkau, inovasi dalam bidang industri dan infrastruktur, serta penguatan institusi peradilan dan perdamaian," terang Wapres.

Meskipun demikian, menurut Ma'ruf, masih diperlukan penguatan upaya pencapaian SDGs ini. Karena secara keseluruhan Indonesia masih berada di peringkat 101 dunia dengan total skor 65,3.

"Masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga Asia Tenggara seperti Thailand yang berada di peringkat 41 dengan total skor 74,54; Malaysia di peringkat 60 dengan total skor 71,76; dan Filipina di peringkat 99 dengan total skor 65,5," kata Ma'ruf. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya