2 Jenderal Polri dan Djoko Tjandra Akan Diperiksa Kasus Red Notice

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Djoko Tjandra dan dua jenderal Polri yakni Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte, akan diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri, terkait kasus red notice terhadap Djoko Tjandra. Satu nama lagi yakni Tommy Sumardi. Keempat orang ini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Irjen Napoleon Bonaparte Tidak Banding Pasca Lolos dari Pemecatan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan, empat orang tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengurusan penghapusan red notice Djoko Soegiarto Tjandra akan diperiksa pada Jumat, 28 Agustus 2020.

“Hari ini rencana penyidik Subdit 2 Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri akan melaksanakan pemeriksaan semua tersangka untuk dijadikan saksi terhadap tersangka lainnya,” kata Awi, di Mabes Polri.

Masih Proses, Polri Jamin Irjen Napoleon Bonaparte Disidang Etik

Menurut dia, penyidik akan memeriksa para tersangka kasus dugaan korupsi pengurusan red notice sekira pukul 10.00 WIB. Untuk itu, Awi mengatakan terkait hasil pemeriksaan nanti akan disampaikan kepada publik.

Djoko Tjandra dan Tommy Sumardi merupakan pemberi suap. Sementara itu, Irjen Napoleon dan Brigjen Prasetijo sebagai penerima suap, dalam jabatan mereka di Mabes Polri sebelum dicopot. Penerima suap dijerat Pasal 5 ayat (2), Pasal 11, Pasal 12 huruf a dan b UU Nomor 20 Tahun 2002 tentang Tipikor juncto Pasal 55 KUHP.

Polri Buka Suara soal Kapan Sidang Etik Irjen Napoleon Bonaparte

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Djoko Tjandra mengakui telah memberikan suap kepada dua orang jenderal polisi yakni Irjen Napoleon dan Brigjen Prasetijo. Namun, Irjen Napoleon melalui kuasa hukumnya membantah tuduhan menerima suap. (art)

Irjen Napoleon Bonaparte

Irjen Napoleon Bonaparte Tak Dipecat Buntut Korupsi Djoko Tjandra, Beda dengan Jaksa Pinangki

Eks Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte tak dipecat saat menjalani sidang kode etik Polri dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan Djoko Tjandra.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023