Inovasi Pelayanan Korlantas Polri Cegah Penyebaran COVID-19

Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Yusuf
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf, mengatakan inovasi pelayanan publik yang dilakukan Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri di tengah pandemi COVID-19 mendapat sambutan positif berbagai pihak. Untuk itu, sebagai sebuah siklus, inovasi pelayanan publik harus mampu beradaptasi dengan hambatan, tantangan dan gangguan yang dihadapi dalam masa tertentu.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Saat ini, dunia tengah dihadapkan dengan pandemi COVID-19 yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Guncangan dampak pandemi ini juga sangat terasa dalam jajaran pemerintahan. Akses pelayanan publik dihadapkan pada tantangan tetap terjaganya kualitas layanan yang prima.

Namun di sisi lain juga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan penyedia dan pengguna layanan melalui penerapan jaga jarak dan pembatasan sosial dalam berkegiatan untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Yusuf lebih lanjut mengatakan, inovasi layanan yang dilakukan Ditregident Korlantas Polri mendapat apresiasi publik. Berbagai kalangan masyarakat puas dan merasakan betul adanya perubahan sangat signifikan dalam pelayanan.

Pelayanan cepat dan mudah secara online yang diterapkan di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini ternyata mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan termasuk pakar dan akademisi. Mereka mengapresiasi dan memberikan dukungan, karena di masa normal baru ini membuka layanan secara online atau daring. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Saya sangat bangga ternyata jajaran direktorat di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan momentum new normal ini dengan membuka layanan secara online, sehingga masyarakat cukup di rumah saja tanpa harus mengantre panjang di tempat pelayanan seperti Satpas," Yusuf.

Menurutnya, upaya penerapan layanan secara daring ini diharapkan masyarakat tidak perlu keluar rumah sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19. Perlu diketahui dalam rangka peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar lomba pelayanan regident. Adapun kategori yang dilombakan meliputi, Inovasi pelayanan STNK dan TNKB di era adaptasi kebiasaan baru, lomba desain prototape gedung pelayanan BPKB dan lomba fasilitas material SBST.

Dalam Rakernis yang akan berlangsung tanggal 4-6 November 2020 di The Rich Hotel Yogyakarta, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono akan memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba pelayanan regident. Penghargaan ini diberikan atas kinerja dan dedikasi terbaik yang mereka berikan kepada institusi.

"Penghargaan tersebut diberikan atas dasar komitmen Polri, dalam hal ini Korlantas, untuk mengapresiasi setiap kinerja jajarannya yang baik dan berinovasi. Serta berkat dedikasi tinggi", ujar Yusuf.

Selain itu, pihaknya pun menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah mendukung sepenuhnya pelayanan publik dalam mewujudkan Korlantas Polri yang lebih profesional, modern dan terpercaya atau promoter. Semua ini dilakukan sebagai wujud memberikan kontribusi nyata kepada negara dan masyarakat. (ren)

Baca juga: Cara Beda Polwan Cantik Korlantas Jalankan Operasi Zebra 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya