Puan Minta Pemerintah Jamin Keamanan Vaksin COVID-19

Vaksin COVID-19 sebanyak 1,2 juta dosis saat tiba di Bandara Soetta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras

VIVA – Ketua DPR RI, Puan Maharani, berpendapat kedatangan vaksin COVID-19 dari Tiongkok tentu memberikan harapan yang besar untuk dapat segera mengakhiri pandemi saat ini. Ia meminta pemerintah terus melakukan edukasi dan sosialisasi yang luas mengenai vaksin tersebut, agar dapat dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bagaimana Kaitan Vaksin AstraZeneca yang Sebabkan TTS Pada Penerimanya?

Persoalan keamanan vaksin, kerap kali menjadi perbincangan masyarakat. Maka perlu sosialisasi terhadap masyarakat, mengenai keamanan vaksin dari Sinovac tersebut.

“Pemerintah agar memastikan bahwa vaksin tersebut aman dan layak untuk digunakan,” kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 11 Desember 2020.

Mengenal TTS, Efek Samping Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Baca juga: Satgas: Relawan COVID-19 Mulai Kelelahan, Warga Diminta Patuhi 3M

Selain itu, Ketua DPP PDI Perjuangan ini meminta pemerintah pusat hingga daerah, terus mengantisipasi penularan virus COVID-19 di akhir tahun ini. Meskipun pemerintah sudah melakukan pemotongan hari libur. Mengingat hampir setiap pergantian tahun, selalu dirayakan oleh masyarakat di Tanah Air.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca Berikan Efek Samping Cedera Serius Hingga Kematian

“Memasuki akhir Desember, terdapat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Pemerintah agar memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, khususnya di bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun,” kata Puan.
 
Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengapresiasi kerja keras dan gotong royong yang telah dilakukan pemerintah, tenaga kesehatan, relawan, dan masyarakat dalam melawan pandemi COVID-19. Meskipun angka penderita COVID-19 tetap bertambah.

“Namun penambahan jumlah kasus per hari telah mencetak rekor baru sehingga pemerintah agar segera melakukan upaya yang lebih kuat untuk mencegah penularan COVID-19 dan memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19,” kata Puan. (ren)

Vaksin COVID-19 (Foto ilustrasi)

Komnas KIPI, Sebut Penyakit TTS akan Muncul 4 Sampai 42 Hari Setelah Vaksin AstraZeneca Disuntikkan

Indonesia merupakan negara dengan peringkat keempat terbesar di dunia yang melakukan vaksinasi COVID-19. Sebanyak 453 juta dosis vaksin telah disuntikkan.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024