Bandara Soetta Catat Jumlah Penumpang Tertinggi Selama Masa COVID-19

Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – PT Angkasa Pura II kembali mencatat angka tertinggi pergerakan penumpang dan pesawat selama pandemi COVID-19 dalam periode masa libur Natal tahun 2020.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Director of Operation and Service Muhamad Wasid mengatakan, pergerakan tertinggi pada 24 Desember 2020 yang mencapai 88.395 penumpang dengan pergerakan pesawat 926 penerbangan.

"Kita kembali capai angka tertinggi di tengah pandemi COVID-19 dan dalam periode Natal, mulai dari pegerakan penumpang dan pesawat. Lalu, meningkat juga di kargo dengan 1.293.897 kilogram," katanya, Jumat, 25 Desember 2020.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Baca: Menkes Soroti Kurangnya Jumlah Perawat Jika Kasus COVID-19 Melonjak

Pada tangga itu, Angkasa Pura turut melayani 10.152 peserta rapid test antigen yang merupakan penumpang pesawat, dengan rincian layanan pre-order sebanyak 1.281, drive thru sebanyak 457 dan walk-in sebanyak 8.414.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Pada layanan rapid [test] antigen ini, memang sudah kita antisipasi jauh-jauh hari untuk menghindari penumpukan dan antrean di waktu puncak pergerakan penumpang. Antisipasi itu dengan penyediaan 8 titik fasilitas kesehatan surat bebas COVID-19," ujarnya.

Semua penerbangan didominasi domestik dengan sejumlah tujuan favorit, yakni Bali, Medan hingga Yogyakarta. Karena itu pula, Angkas Pura mesti mengantisipasi arus balik libur dalam periode Natal dan Tahun Baru.

"Untuk antisipasi kedatangan yang memang nanti akan menumpuk, maka akan kita antisipasi dengan melakukan koordinasi ke bandara origin (asal), agar penumpang persiapkan e-HAC jauh hari sebelum keberangkatan di bandara kedatangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya