Logo BBC

Rekrutmen 'Ketat' Jemaah Islamiyah Disebut Libatkan Pesantren

(Ilustrasi): Latihan itu untuk melatih kesiapsiagaan prajurit pada misi pembebasan tawanan di Kantor Bupati Banyuwangi (19/12).-ANTARA FOTO
(Ilustrasi): Latihan itu untuk melatih kesiapsiagaan prajurit pada misi pembebasan tawanan di Kantor Bupati Banyuwangi (19/12).-ANTARA FOTO
Sumber :
  • bbc

Kementerian Agama meminta masyarakat untuk aktif melaporkan kegiatan keagamaan di luar kebiasaan, menyusul pengungkapan 12 tempat pelatihan kelompok Jemaah Islamiyah (JI) di Jawa Tengah.

Polisi menyebut anggota pelatihan direkrut dari pondok pesantren sejak 2011 dengan kegiatan yang didanai sekitar 6.000 anggota aktif JI.

Peneliti terorisme mengatakan pemerintah perlu mewaspadai ancaman JI, dengan keanggotaan yang meningkat sekitar tiga kali lipat dalam 20 tahun terakhir.

Rekrutmen ketat anggota

Salah satu strategi yang dilakukan Jemaah Islamiyah - kelompok yang bertanggung jawab atas serangkaian pemboman di Indonesia - adalah dengan merekrut secara ketat para anggota, menurut laporan kepolisian.

Hal ini dijelaskan kepolisian menyusul terungkapnya 12 tempat pelatihan kelompok JI di Jawa Tengah, salah satunya di daerah Ungaran, Semarang.

JI bertanggung jawab atas berbagai serangan bom pada sekitar tahun 2000an, termasuk serangan-serangan di Jakarta serta bom Bali 1, serangan teroris terparah di Indonesia.

Melalui pemeriksaan terhadap sejumlah orang yang sudah ditangkap, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan skema perekrutan ketat yang dilakukan kelompok itu sejak tahun 2011.