Imbauan Sultan Sambut Tahun Baru kala COVID-19: Ngaruhke dan Tetulung

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk melakukan laku prihatin karena bangsa Indonesia belum mentas dari bencana pandemi COVID-19.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Menyambut datangnya Tahun Baru 2021, saya Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajak kepada seluruh warga Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melakukan laku prihatin bersama-sama," ujar Sultan dalam keterangannya, Rabu, 30 Desember 2020.

Raja Keraton Yogyakarta ini mengimbau pula kepada masyarakat terutama di DI Yigyakarta untuk berada di rumah saat malam pergantian Tahun Baru 2021. Masyarakat agar bisa melakukan refleksi di rumah saat malam pergantian Tahun Baru.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca: Bakal Dibeli, Vaksin COVID-19 Pfizer Dikirim dengan Alat Khusus

"Berefleksi di rumah, membatasi mobilitas dan tidak bepergian apabila tidak sangat mendesak. Tetaplah saling ngaruhke (menjalin hubungan) dan tetulung (tolong menolong) antarwarga, khususnya kepada mereka yang terdampak pandemi COVID-19," katanya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dia mengajak pula masyarakat untuk berdoa bersama agar kehidupan di tahun 2021 bisa lebih baik. Selain itu, Sultan juga berharap tahun 2021 bisa menjadi tahun kebangkitan bagi masyarakat.

"Mari kita perkuat tepa salira (toleransi) kita, seraya memanjatkan doa dan pengharapan agar tahun 2021 menjadi tahun kebangkitan bagi kita bersama menuju tatanan masyarakat yang damai dan sejahtera," ujarnya.

Ilustrasi vaksin.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Vaksin merek AstraZeneca diketahui juga digunakan di Indonesia saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024