Doni Monardo: Jangan Anggap Setelah Ada Vaksin Semua Akan Selesai

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas COVID-19, Doni Monardo
Sumber :
  • BNPB

VIVA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo, meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, meskipun dalam waktu dekat ini akan ada vaksinasi.

Bagaimana Kaitan Vaksin AstraZeneca yang Sebabkan TTS Pada Penerimanya?

Jadwal vaksinasi sudah akan dimulai pada pekan depan atau pertengahan Januari ini. Doni meminta masyarakat tak menganggap adanya vaksin membuat masalah COVID-19 menghilang.

"Narasi tentang vaksin ini jangan sampai nantinya membuat masyarakat menganggap setelah ada vaksin itu semuanya akan selesai, tidak," kata Doni dalam rapat koordinasi Kemendagri, Selasa 5 Januari 2021.

Mengenal TTS, Efek Samping Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Baca juga: Jokowi Beri Target ke Menkes: Vaksinasi Rampung dalam Satu Tahun

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menjelaskan, COVID-19 tidak otomatis hilang begitu vaksinasi ini telah dijalankan. Apalagi masih banyak orang yang juga tidak menjalani vaksinasi.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Vaksin tidak akan seketika menghentikan COVID-19. Vaksin tidak akan bisa membuat orang yang tidak divaksin itu juga luput dari COVID-19," ujar Doni.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, juga menegaskan vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat tidak boleh lantas membuat protokol kesehatan bisa diabaikan begitu saja. Kerumunan disebut masih berpotensi sebagai sumber penularan COVID-19.

"Percuma kita melakukan tracing, enggak ada gunanya kalau sudah kerumunannya," kata Tito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya