Tensi Darah Emil Dardak Stabil Saat Vaksinasi II, Apa Alasannya

Wagub Jatim Emil Dardak divaksin dosis kedua
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Vaksinasi COVID-19 tahap kedua digelar di kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya pada Kamis, 28 Januari 2021. Pejabat yang sebelumnya menjalani vaksinasi tahap pertama diikutkan kembali, termasuk Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Selain Emil, pejabat yang divaksin di antaranya Wakil Kapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo; Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto; Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak; Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono; YouTuber Bayu Eko Moektito dan influencer Tomli Wafa.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah sendiri memantau secara virtual dari tempat ia mengisolasi mandiri karena positif COVID-19. "Hari ini tanggal 28 Januari mengikuti vaksinasi tahap kedua, betapa pentingnya komitmen dan support bapak ibu sekalian," katanya dalam sambutan. 

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Baca juga: Vaksinasi Kedua Ganjar Malah Berbaju Adat Riau, Ini Alasannya

Usai disuntik vaksin, Emil mengaku vaksinasi tahap kedua yang ia ikuti tak jauh berbeda dengan yang pertama. Merasa sudah mulai biasa, tensi darahnya pun tak begitu tinggi seperti vaksinasi sebelumnya. Ia menjalani vaksinasi juga lebih santai. "Enggak ada yang berbeda. Alhamdulillah," ujarnya. 

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Vaksinasi tahap kedua itu dilakukan sebelum pelaksanaan secara masif kepada masyarakat. Observasi dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya efek samping dirasakan. Di luar itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. "Enggak ada hal yang sangat signifikan (dari vaksinasi tahap kedua)," kata suami mantan pesinetron Arumi Bachsin itu. 

Emil menambahkan, vaksinasi kepada tenaga kesehatan secara bertahap sudah mulai berjalan di kabupaten/kota di Jatim. Sebanyak 7.254 vaksinator disiapkan untuk menyukseskan program vaksinasi di Jatim mulai Januari-April 2021. "Ada 7.254 vaksinator dilatih ada 73 angkatan," katanya. 
 

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024