Satu Harimau Lepas di Sinka Zoo Ditangkap, Satu Lagi Masih Diburu

Ilustrasi: Harimau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Eric Ireng

VIVA – Dua ekor harimau yang berada di kebun binatang Sinka Zoo Singkawang, Kalimantan Barat lepas dari kandang pada Jumat 5 Februari 2021. Penyebab lepasnya dua ekor harimau ini diduga karena ada tanah longsor di area sekitar kandang.

6 Kendaraan Tempur Buatan Indonesia yang Memiliki Spesifikasi Khusus dan Canggih

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, dari dua ekor harimau yang lepas sudah ada satu ekor harimau yang berhasil dilumpuhkan. Satu ekor lagi masih dalam proses pemburuan.

"Iya satu ekor sudah berhasil kami lumpuhkan, dan satu lagi masih dalam proses pencarian. Dalam pemburuan harimau yang lepas ini kami sinergi dengan TNI dan Kepolisian," ujar Sadtata kepada VIVA, Sabtu 6 Februari 2021.

Aviary Park Indonesia, Kebun Binatang Mini Resmi Dibuka di Tangerang Selatan

Baca juga: Banjir Kepung Kota Semarang

Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalbar, Donny Charles Go juga membenarkan, sudah ada satu ekor harimau yang lepas sudah berhasil ditangkap dan dilumpuhkan oleh tim BKSDA. Tim BKSDA Kalbar disebut juga sudah berkoordinasi dengan BKSDA pusat bahwa untuk menyelamatkan masyarakat, diperbolehkan untuk dilumpuhkan.

Tiga Bayi Harimau Sumatera Lahir di Amerika Serikat, Susi Pudjiastuti: Regenerasi di Medan Mati 3

"Satu harimau lagi yang berwarna putih belum berhasil dilumpuhkan, sekarang masih dalam proses pemburuan," katanya.

Pengurus Sinka Zoo, Elka menjelaskan, terjadinya 2 harimau lepas dari kandang dikarenakan ada faktor alam hujan deras yang menyebabkan tanah longsor di wilayah Sinka Zoo. Dan untuk mencegah yang tidak diinginkan juga sudah mendatangkan pawang. Tapi pawang malah diserang oleh harimau tersebut.

"Saat ini kami sudah dibantu oleh BKSDA, TNI dan Polri untuk menangkap harimau yang lepas ini. Semoga segera tertangkap," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Kota Singkawang, Kalimantan Barat digegerkan dengan adanya kabar dua harimau yang berada ditempat wisata Sinka Zoo lepas dari kandang. Harimau itu dikabarkan menerkam seorang warga hingga meninggal dunia.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Dearah Kalimantan Barat, Komisaris Besar Polisi Dony Charles Go membenarkan ada satu orang warga yang menjadi korban karena diterkam dan meninggal dunia.

"Iya infonya benar, dan harimau ini lepas saat akan dilakukan aktivitas sehari-hari. Korban yang meninggal merupakan warga setempat," ujar Dony kepada VIVA. Jumat, 5 Februari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya