Tiga Bayi Harimau Sumatera Lahir di Amerika Serikat, Susi Pudjiastuti: Regenerasi di Medan Mati 3

Bayi harimau Sumatera di Kebun Binatang Tierpark Berlin.
Sumber :
  • Tierpark Berlin

VIVA Nasional – Beberapa waktu lalu Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengakui bahwa Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo gagal dalam hal membiakkan harimau, jenis Sumatera maupun Benggala.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

“Medan Zoo itu gagal dalam breeding (pembiakan). Dia harimau itu mati, tapi enggak ada penerus,” ucap Bobby, dilansir dari VIVA.co.id pada Senin 18 Maret 2024.

Menurutnya, terakhir kali dua bayi harimau Benggala lahir dari induk betina bernama Wesa dan jantan bernama Avatar yakni pada 12 Juli 2018. Namun baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari Kebun Binatang Nashville, Amerika Serikat.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara
Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Di mana diketahui dari unggahan Instagram @gnfi pada Senin, 18 Maret 2024 ini telah dikabarkan bahwa terdapat tiga bayi harimau Sumatera yang lahir di Kebun Binatang Nashville, Amerika Serikat.

Ketiga bayi harimau tersebut terlihat dalam keadaan sehat dilihat dari unggahan video akun Instagram GNFI. Tidak hanya sehat, mereka juga sudah diberikan nama. Nama untuk dua bayi harimau Sumatera betina adalah Kirana dan Zara. Sementara itu, bayi harimau Sumatera jantan diberi nama Bulan.

Pemilihan nama untuk ketiga ekor bayi harimau tersebut berdasarkan pemungutan suara melalui laman website Kebun Binatang Nashville yang diselenggarakan 15 Desember 2023 hingga 11 Januari 2024.

Menariknya lagi, mereka yang turut memberikan maupun memilih nama-nama bayi hariman ini pun turut ikut mendonasikan sumbangan untuk konservasi dan telah mengumpulkan dana kurang lebih $8.000 untuk organisasi Tiger Conservation Fund. Sebagai informasi, ketiga bayi harimau Sumatera ini lahir dari induk bernama Anne pada 20 Oktober 2023 lalu.

Reaksi Warganet

Sontak saja adanya kabar bahagia tersebut terkait anak harimau pun sukses menuai sorotan warganet di media sosial. Salah satunya yang ikut berkomentar adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti

"Alhamdulilah good news, regenerasi di Medan yg mati 3," tulis akun @susipudjiastuti dikutip VIVA.co.id pada Senin 18 Maret 2024.

"Disana pemimpinnya amanah gak hasil giveaway mertua," tulis warganet.
 
"Lu tau gak kenapa harimau Sumatera di sana sehat dan lahir dengan baik ?" tulis lainnya.
 
"Setelah Kota Roma menyambut dengan gembira kelahiran anak harimau sumatra, kota Nashville pun menyambut gembira kelahiran anak harimau. Sementara itu, di Medan Zoo, tanah asal harimau yang menyandang nama Sumatra, mereka justru meregang nyawa karena ketidakbecusan manajemen kebun binatang," tulis lainnya.

 "Sehat2 disana ya meng. Jangan balik dulu kesini. Disini banyak orang jahat," tulis lainnya.

"Disumatera tepatnya di kebun binatang medan harimau dibiarkan terantar sampai mati," sahut lainnya.

"Sementara saudara saudaranya disini dikejar, dijerat seperti yang terjadi di lampung dsb," tulis lainnya.

"Nak kau di sana aja, lebh banyak yang di sana, lebih baik. Di pulau asalmu, kau malah meregang," kata lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya