5 Senjata Buatan Asli Indonesia yang Disegani Dunia, Ini Kecanggihannya

VIVA Militer: Amunisi PT Pindad, MU3-TJ Kaliber 12.7x99 mm
Sumber :
  • Website PT Pindad

Jakarta – PT Pindad (Persero) menjadi perhatian karena menjadi satu-satunya perusahaan alutsista yang berhasil memproduksi beragam jenis senjata. Salah satu senjata yang menjadi andalan dan diproduksi oleh perusahaan yang didirikan pada tahun 1983 ini adalah senapan sniper atau senapan runduk.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Senjata laras panjang ini memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan senjata ringan lainnya. Dipercaya oleh unit-unit militer atau penegak hukum, senjata ini diklaim mampu menembus baja setebal 10 mm.

Hal ini menjadikan senapan runduk sebagai salah satu senjata buatan Indonesia yang dianggap sangat mematikan. Tidak heran jika negara-negara lain tertarik untuk membeli senjata produksi PT Pindad. Berikut deretan senjata buatan Indonesia yang disegani dunia:

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Senapan SPR-2 buatan Pindad

Photo :
  • PT. Pindad

1. SS2-V4 Kal. 5.56mm

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Senjata buatan Indonesia yang disegani dunia yang pertama adalah SS2-V4 Kal. 5.56mm. Senjata yang diproduksi PT Pindad ini adalah salah satu SS atau senapan serbu yang dikenal banyak orang.

Prestasi senjata SS2-V4 Kal. 5.56mm pun tidak usah diragukan lagi. Senjata yang dilengkapi flash suppressor ini memenangkan kompetisi menembak 11 kali Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet (AARM).

2. SPR-2 Kal. 12.7mm

Selanjutnya ada senjata SPR-2 Kal. 12.7mm. Senjata yang dioperasikan dengan cara merunduk ini merupakan senapan penembak runduk atau sniper berlaras panjang dengan bipod.

Meski kapasitas magazine SPR-2 Kal. 12.7mm hanya lima peluru, senjata ini mampu menembus objek militer, seperti mobil baja hingga tank. Senjata yang menggunakan peluru dengan kaliber 12.7 x 99 mm ini juga dapat menembak dengan jarak 2 kilometer.

 3. Pistol G2 Elite 9mm

Pistol G2 buatan PT Pindad

Photo :
  • VIVAnews/ Oscar Ferri

Berbeda dengan dua senjata sebelumnya, Pistol G2 Elite 9mm merupakan senjata militer berjenis pistol. Senjata berkaliber 9 x 199 mm parabellum ini dapat menjangkau jarak 25 meter dan kini telah digunakan oleh banyak negara Timur Tengah.

Bahkan, pada 1 Juni 2018 PT Pindad bekerjasama dengan perusahaan senjata asal India, Bhukhanva Industries untuk mengimpor Pistol G2 Elite 9mm. 

4. Pistol 62 Premium

Pistol 62 Premium ini merupakan pengembangan dari senjata pendahulunya, G2 Combat. Senjata ini juga biasa dipakai oleh personel militer organik. Menurut sumber, senjata ini menggunakan amunisi kaliber 9 mm dengan jarak tembak efektif 25 meter. 

Adapun, Pistol 62 Premium ini dapat juga digunakan oleh atlet menembak di kalangan militer dan sipil. Senjata buatan PT Pindad itu telah diproduksi sejak 2017 silam. 

5. SPR-3 Kal 7.62mm

Lalu, senjata buatan Indonesia yang disegani dunia yang terakhir pada daftar ini adalah SPR-3 Kal 7.62 mm. Senjata berjenis sniper ini telah memenuhi standar NATO dengan amunisi kaliber 7.62 x 51 mm. 

Selain itu, SPR-3 Kal 7.62 mm juga dilengkapi dengan teropong bidik yang digunakan untuk meningkatkan akurasi tembakan. Hebatnya, senjata yang memiliki berat 6,94 kg ini memiliki jarak tembak mencapai 1 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya