Salat Tarawih Kilat di Indramayu, 23 Rakaat Selesai 7 Menit

Salat tarawih di Ponpes Al Quraniyah Indramayu, 23 rakaat selesai 7 menit
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube tvOne

Jakarta – Pelaksanaan Salat Tarawih di salah satu pondok pesantren di Indramayu Jawa Barat, menjadi sorotan masyarakat. Penyebabnya, karena Tarawih di Pondok Pesantren Al Quraniyah ini dilakukan dengan sangat cepat, yaitu hanya memakan waktu 7 menit untuk tarawih 23 rakaat.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Ustaz Azun Mauzun, Pengasuh Pondok Pesantren Al Quraniyah mengayatakan, salat tarawih secara cepat itu sudah menjadi tradisi dari pondok pesantren Al Quraniyah. Menurutnya, tarawih cepat itu sudah dilakukan selama 15 tahun.

"Jadi tarawih di pesantren kita ini sudah 15 tahun ini karena permintaan masyarakat sekitar dan para santri untuk mempercepat gerakan salat yang ada di pesantren kita ini," kata Ustaz Azun, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, 18 Maret 2024.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Ilustrasi Jemaah Tarekat Naqsabandiyah salat idul fitri.

Photo :
  • VIVA/ Putra Nasution.

Jika dihitung, tarawih kilat tersebut hanya membutuhkan 18 detik untuk satu rakaat. Tiap rakaatnya, menurut Azun, Imam tarawih juga membaca surat al fatiha lengkap dengan surat-surat pendek.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Meski dilakukan dengan sangat cepat, namun Azun mengklaim bahwa bacaan dari Imam salat tarawih dapat didengar dengan sangat jelas. Bahkan pelafalan huruf dan tajwidnya juga dapat didengar dengan jelas.

"Bacaannya sangat jelas makhrajnya sangat jelas, tajwidnya juga sangat jelas," kata Azun

Menurut Azun, tarawih secara singkat tersebut telah menjadi permintaan masyarakat sekitar dan juga santri di pondok pesantren tersebut. Sehingga, sampai dengan saat ini tidak pernah ada yang komplain dengan salat tarawih kilat tersebut.

Azun mengatakan, salat tarawih 23 rakaat selesao dalam 7 menit merupakan hal yang biasa. Malah menurutnya pernah salat tarawih selesai lebih cepat, yakni hanya sekitar 6,5 menit yaitu pada waktu pandemi Covid-19.

"Tidak pernah ada komplain. Malah waktu saat pandemi 6 menit setengah sudah selesai," ujarnya

Salat Tarawih Kilat di Blitar, 23 Rakaat Hanya 10 Menit

Photo :
  • YouTube

Azun juga mengungkapkan, tarawih dilakukan dengan dua rakaat sekali salam. Dia juga menambahkan, bahwa setelah Al Fatiha, Imam hanya membaca satu atau dua ayat bagian dari surat pendek, sehingga bisa selesai dengan cepat.

"Jadi surat pendek semua, misalnya Yaa Siin, Allahu Akbar, ruku," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya