Pemprov DKI Ungkap Hambatan Pengendalian COVID-19 di Ibu Kota

Petugas medis melakukan tes COVID-19. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Kenny Putra

VIVA – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali menyebutkan, tingkat mobilitas masyarakat kota penyangga di Ibu Kota masih tinggi sehingga tak bisa dipungkiri menjadi salah satu hambatan dalam pengendalian pandemi COVID-19 di Jakarta.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Kami lihat di jalan masih sangat penuh dan kemacetan terjadi di mana-mana. Artinya, mobilitas warga masih sangat ramai di Jakarta," ujarnya kepada wartawan, Senin, 8 Maret 2021.

Dia menjelaskan, hambatan kedua yaitu masih banyaknya warga yang punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta, namun domisili di luar kota atau sebaliknya. Alhasil, hal ini kerap jadi kendala dalam pelacakan atau tracing kasus COVID-19. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Lantaran itu, pihaknya melakukan sejumlah tindakan sebagai bentuk solusi menghadapi hambatan tersebut. Salah satunya melaksanakan operasi yustisi bersama aparat TNI-Polri di tempat umum dan pemukiman warga.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya juga melakukan penilaian indikator RT rawan penularan virus corona secara mingguan dengan verifikasi lapangan. Ada juga pembentukan posko penanganan COVID-19 di tingkat kelurahan. Tak ketinggalan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga masih menerapkan PPKM Mikro.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Pembentukan posko pada tingkat kelurahan guna monitoring dan evaluasi penanggulangan COVID pada pelaksanaan PPKM Mikro di tingkat RW dan RT," katanya.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024