Korban Seroja di NTT Akan Dikasih Uang Sewa Rumah Rp500 Ribu per Bulan

Viktor Laiskodat
Sumber :
  • partainasdem.id

VIVA – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat berharap para pengungsi terdampak bencana badai siklon tropis seroja tidak menempati kamp pengungsian guna menghindari penularan COVID-19.

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

"Sebaiknya warga tidak dikumpulkan terpusat di kamp pengungsian karena bisa berpotensi adanya penularan COVID-19," kata Viktor di Kupang, Selasa, 13 April 2021, terkait upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di tengah bencana alam badai seroja.

Ia mengatakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang masih terjadi di provinsi berbasis kepulauan itu maka warga yang terdampak bencana alam badai siklon tropis seroja tidak dikumpulkan terpusat dalam kamp pengungsian namun disebarkan ke rumah-rumah penduduk yang tidak terdampak bencana.

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

"Korban bencana ini sebaiknya disebar ke rumah-rumah warga yang bersedia menampung para korban yang tertimpa bencana," kata Viktor.

Menurutnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menyiapkan anggaran sewa rumah bagi para korban terdampak bencana alam badai seroja sebesar Rp500 ribu/bulan untuk biaya kontrakan. Biaya kontrakan rumah itu diberikan sambil menunggu proses relokasi dilakukan pemerintah.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Viktor mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Kupang yang melakukan upaya antisipasi secara dini terhadap penyebaran COVID-19 dengan melakukan rapid test antigen terhadap para pengungsi di kamp-kamp pengungsian.

Menurut Viktor, apabila diperlukan rapid test antigen dilanjutkan dengan tes PCR kepada semua korban yang ada di lokasi pengungsian untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. (ant)

Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur atau NTT melaporkan terjadi 16 kali erupsi Gunung Api Ile Lewotolok.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024