Jenazah Kabinda Papua Tiba di Jakarta, Disemayamkan di Mako Kopassus

Jenazah Kabinda Papua Mayjen Anumerta IGP Danny Nugraha tiba di Jakarta
Sumber :
  • Rusdi Muslim/tvOne Tangerang

VIVA – Jenazah Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Mayor Jenderal TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin sore, 26 April 2021.

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

Mayjen Anumerta IGP Danny Nugraha gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu 25 April 2021. 

Kedatangan jenazah Mayjen Anumerta Danny disambut dengan upacara pengantar jenazah militer yang dihadiri langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman. 

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Isak tangis keluarga pecah ketika peti jenazah berselimut bendera Merah Putih itu tiba di Terminal Kargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta.

Usai diterima Panglima TNI, jenazah Kabinda Papua Mayjen Anumerta Danny Nugraha langsung dibawa menuju Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Jenazah akan disemayamkan di Balai Komando Mako Kopassus, untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Selasa, besok.

Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Sebelumnya diberitakan, telah gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa, Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha saat melakukan kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua, pada Minggu (25/4) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. 

Kontak tembak tersebut terjadi akibat Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda.

Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di wilayah tersebut. 

Kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua. 

Namun, saat melakukan perjalanan itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang oleh kelompok KKB. Aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak. 

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen Pol. Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa," kata  Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto dalam keterangan persnya.

Mayjen TNI Anumerta IGP Danny Nugraha merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 dari korps Infanteri Kopassus. Mayjen Danny pernah menjabat sebagai Asintel Kasdam Jaya, Asintel Danjen Kopassus, Kapok Sahli Pangdam Jaya (2018), dan Pamen Denma Markas Besar TNI AD dengan pangkat Kolonel Infantri.

Setahun terakhir ini, Mayjen Anumerta IGP Danny dilantik sebagai Kabinda Papua pada 18 Juni 2020, menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya