Doni Monardo: Jangan Ada Kebijakan Picu COVID-19 di Daerah Bertambah

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, TNI Doni Monardo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan dengan adanya larangan mudik, ia mengimbau seluruh pihak untuk tidak membuat kasus aktif COVID-19 di daerah bertambah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Jangan sampai ada kebijakan yang nantinya membuat kasus aktif di daerah bertambah," ujar Doni dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Rabu, 5 Mei 2021.

Doni menilai kondisi penanganan COVID-19 di Indonesia terkini sudah sangat baik, sebagaimana tampak dari data terkini yang dipaparkan mengenai kasus aktif yang menduduki catatan terendah sepanjang satu tahun terakhir, yakni 5,88 persen. Kemudian angka kesembuhan di Indonesia mencapai rekor 91,39 persen.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun, Doni mengakui, hal yang masih kurang adalah angka kematian Indonesia akibat COVID-19 yang masih berada di atas angka kematian global.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, Doni mengatakan setelan angka itu telah baik dan jangan sampai bertambah lagi.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Selain itu, Doni mengimbau agar terus mengikuti perkembangan di sekitar kawasan Indonesia, terutama dari beberapa negara, serta mewaspadai adanya virus COVID-19 varian baru dan peningkatan kasus di negara tetangga.

"Contohnya, kita banyak menerima kepulangan pekerja migran kita yang sudah habis masa bekerjanya. Di antara mereka tidak sedikit yang diperiksa ternyata positif COVID-19," ujar Doni.

Pengamatan itu, katanya, sudah dibuktikan dari kedatangan di berbagai bandara internasional di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jakarta, dan Jawa Timur.

Doni berharap semua pihak dapat lebih mewaspadai adanya varian baru virus itu, dan tidak boleh lengah terhadapnya.

"Kita tidak boleh kendor, protokol kesehatan adalah kunci keberhasilan bangsa kita terhindar dari ancaman COVID-19. Disiplin, kompak, serta konsisten juga merupakan salah satu solusi bagi bangsa kita melakukan pengendalian COVID-19," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya