Ditangkap, Ini Pengakuan Faisal Penyebar Hoax Tank TNI Sekat Pemudik

VIVA Militer: Hoax tank TNI hadang pemudik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Polisi menangkap pelaku penyebaran video hoax tank TNI dikerahkan untuk membantu penyekatan terhadap pemudik Lebaran Idul Fitri. Kepala Penerangan Kodam Jaya, Kolonel Arh Herwin BS membenarkan penangkapan pelaku.

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Herwin menjelaskan, pelaku sementara diperiksa di Mako Yonarmed 7 Dam Jaya. Ia bilang dalam pemeriksaan tersebut didampingi polisi. Maka itu, ia belum bisa berkata lebih jauh.

"Untuk lokasi pemeriksaan sementara pelaku tadi dilaksanakan di Mako YonArmed 7 Dam Jaya. Pemeriksaan didampingi oleh pihak kepolisian," kata Herwin kepada wartawan, Jumat 7 Mei 2021.

Vietnam Perkuat Angkatan Bersenjata dengan Tank Tempur Utama MBT T-90S Rusia yang Canggih

Pelaku diketahui bernama Faisal Rahma berusia 35 tahun. Faisal juga sudah menyampaikan permintaan maaf atas perbuatannya. 

Dia mengakui kalau pernyataannya dalam video adalah hoax. Faisal berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

Tank Israel Serang RS Al-Shifa di Gaza, Ledakan Keras Terdengar

"Saya menyatakan bahwa video yang saya buat tersebut tidak benar dan hoax, yang benar adalah TNI sedang melakukan latihan. Saya menyesal dan janji tak akan ulangi. Saya mohon maaf kepada semua TNI seluruh Indonesia atas perbuatan saya yang telah mencemarkan institusi TNI," tutur Faisal.

Sebelumnya, Kolonel Herwin menyampaikan viralnya video yang merekam alutsista TNI AD yaitu tank yang dikerahkan untuk menghadang para pemudik di daerah perbatasan Bekasi-Bogor. Menurut dia, informasi di media sosial itu adalah tidak benar alias hoax.

"Dengan telah tersebarnya video yang menyatakan bahwa Anggota TNI menurunkan tank guna untuk penyekatan pemudik itu tidak benar," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS melalui keterangan yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 7 Mei 2021.

Herwin bilang, tank tempur sedang melaksanakan latihan taktis Tingkat Rai TW II TA.2021 di Tanah Lapangan bekas Pabrik Kecap, Kelurahan Ciketing Udik pada Kamis, 6 Mei 2021 kemarin.

Dia menjelaskan video tersebut diduga direkam salah seorang warga saat pengamanan jalur atau rute yang akan dilintasi oleh rombongan kendaraan tempur. Saat itu, ada pelaksanaan latihan gelar steling dari tank di lokasi gelar bertempat di Tanah Lapang Bakong Jl. Raya Narogong Kel. Limusnunggal Kec. Cileungsi Kab. Bogor- Jabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya