Harimau Mengaum! Kekuatan Baru Pertahanan Indonesia dengan Tank Canggih Berkaliber 105mm

Harimau Medium Tank buatan PT Pindad yang telah dipesan Filipina.
Sumber :
  • PT Pindad

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pada rapim TNI-polri 2024 menyerahkan salah satu alutsista canggih terbaru, Medium Tank Harimau. Tank tersebut hasil kolaborasi yang di kembangkan bersama pabrikan Turki FNSS dan Indonesia Pt Pindad.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Melansir dari situs resmi Pt Pindad, Rabu, 6 Maret 2024, keunggulan Tank Harimau menggunakan two-man turret C3150 yang merupakan satu-satunya kaliber 105mm di dunia dengan bobot ringan dan memiliki teknologi canggih. Tank ini dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,62mm yang unik (+42 derajat).

Hal ini, dapat memudahkan saat pertempuran di lingkungan perkotaan maupun pegunungan. Harimau juga dilengkapi dengan proteksi balistok STANAG 4569 level 5, laser warning system dan tank ini mampu menahan serangan peluru dan granat atau ledakan ranjau hingga 10 kg di bawah rantai, pembuatannya aman di medan tempur yang penuh rintangan.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Tank Harimau

Photo :
  • VIVA.co.id/Ridho Permana

Tank bukan sembarang tank, alutsista ini merupakan kendaraan kelas medium modern pertama di dunia yang dimiliki Indonesia. Tank ini memiliki teknologi terkini yang tepat untuk pertempuran perang modern. Tank harimau ini memiliki bobot 30 ton dengan menggunakan senjata utama turret kaliber 105mm dan dilengkapi berbagai teknologi yang canggih di kelasnya.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Tidak hanya itu saja, tank ini menggunakan konfigurasi mesin belakang seperti leopard 2 atau M1A2 namun dengan bobot yang jauh lebih ringan. Tank harimau ini memiliki desain dan teknologi terbaru yang dapat menghasilkan mobilitas tinggi dan taktis serta strategis yang dibutuhkan setiap operasi pertahanan di masa depan.

Alutsista ini juga bukan hanya sekedar mesin tempur, tetapi juga simbol kekuatan dan kemandirian Indonesia. Dengan pengembangannya yang menunjukan kemampuan industri pertahanan dalam negeri untuk menghasilkan teknologi yang canggih. Dengan adanya tank harimau ini, menandakan era baru dalam kekuatan pertahanan Indonesia. Yang diharapkan mampu untuk siap mengaum dan melindungi negeri dari berbagai ancaman.

Selain itu, tank ini dilengkapi dengan sistem komunikasi dan navigasi yang canggih dan dirancang khusus untuk operasi di wilayah tropis.

Sebagai informasi lebih lanjut, sebanyak 10 unit Medium Tank Harimau batch pertama telah diserahkan simbolik oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya